Dark/Light Mode

Jadi Kapten Klub Benfica

Pemain Ukraina Mewek

Rabu, 2 Maret 2022 09:00 WIB
Roman Yaremchuk. (Foto: Getty Images).
Roman Yaremchuk. (Foto: Getty Images).

 Sebelumnya 
Pemain tuan rumah masuk ke lapangan mengenakan kalung bendera Ukraina, sedangkan pemain Man City mengenakan kaus bertuliskan ‘tidak ada perang’. Selain itu, akibat invasi Rusia ke Ukraina, membuat sejumlah keputusan dikeluarkan federasi sepak bola Eropa atau UEFA.

UEFA tidak hanya resmi menangguhkan klub dan juga Timnas Rusia berlaga di semua kompetisi. Bahkan, telah memereteli sponsor asal Negeri Beruang Merah tersebut. “Hari ini UEFA telah mengakhiri kemitraannya dengan Gazprom di semua kompetisi,” demikian pernyataan UEFA dalam laman resmi miliknya.

Baca juga : Cari Bantuan Lawan Rusia, Presiden Ukraina Ngelamar Jadi Anggota UE

Gazprom merupakan perusahaan energi multinasional milik Rusia yang bermarkas di Lakhta Center, Saint Petersburg. Perusahaan pimpinan Viktor Zubkov itu merupakan Pemilik klub Liga Utama Rusia FC Zenit Saint Petersburg. Mereka pernah menjadisponsor utama Piala Dunia 2018 di Rusia, Liga champions, Liga Europa dan sejumlah klubEropa, termasuk klub Inggris Chelsea.

UEFA dan FIFA telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi di kedua tim dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut. Semua klub dan tim nasional Rusia diskors dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA.

Baca juga : PM Pakistan Kunjungin Putin Saat Rusia Serang Ukraina

Ini menyusul keputusan awal yang diadopsi oleh Dewan FIFA dan Komite Eksekutif UEFA, yang mempertimbangkan penerapan tindakan tambahan. “Keputusan ini diadopsi hari ini oleh Dewan FIFAdan Komite Eksekutif UEFA, masing-masing badan pembuat keputusan tertinggi dari kedua lembaga mengenai hal-hal mendesak tersebut,” ujar UEFA. FIFA dan UEFA melakukan tindakan tegas ini sebagai bentuk solidaritas kepada Ukraina. Kedua federasi tersebut sangat berharap, konflik kedua negara bisa segera usai sehingga kembali berdamai. [DHN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.