Dark/Light Mode

Bulutangkis

Pelatih Indonesia Melatih Thailand

Minggu, 6 Maret 2022 09:00 WIB
Agus Dwi Santoso. (Foto: Istimewa).
Agus Dwi Santoso. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT) resmi meminang kembali pelatih asal Indonesia, Agus Dwi Santoso, usai memutuskan hengkang dari pelatnas India. Melansir laman resmi Badminton Thailand, Agus Dwi Santoso bakal menangani sektor tunggal putra di pelatnas Negeri Gajah Putih.

BAT juga menghadirkan pelatih asal Korea Selatan, Kim Ji Hyun, untuk sektor tunggal putri. Sedangkan, mantan pemain Tailand, Maneepong Jongjit melatih untuk sektor ganda campuran.

Baca juga : Sikap Indonesia Sudah Pas

Perekrutan Agus Dwi Santoso dan dua pelatih ternama lainnya diresmikan langsung Presiden BAT, Khunying Pattama Leeswadtrakul, Jumat (4/3). “Asosiasi percaya, kehadiran pelatih asing dengan pengalaman membentuk atlet kelas dunia, serta pelatih Thailand akan bisa memberikan kontribusi positif,” ucap Khunying Pattama.

Khunying berharap, ketiga pelatih baru itu bisa membantu misi Thailand untuk mempersiapkan target jangka pendek dan jangka panjang. Jangka panjang dimaksud adalah Olimpiade Paris 2024. Sedangkan target jangka pendek adalah Sea Games 2021, Piala Thomas-Uber 2022, dan Asian Games 2022. “Saat ini BAT telah bersiap membentuk para atlet Timnas Thailand di beberapa turnamen seperti Sea Games dan Piala Thomas-Uber 2022 pada Mei. Serta Asian Games, September, ” ucap Khunying. “Tujuan tak kalah penting adalah mendapatkan medali bersejarah pada Olimpiade di Paris, Prancis, pada Juli 2024,’ sambungnya.

Baca juga : GAPKI Ungkap 5 Alasan Bisnis Sawit Indonesia Meningkat

Agus Dwi Santoso merupakan mantan pelatih Pelatnas PBSI untuk sektor tunggal putra. Tapi, setelah meninggalkan Pelatnas, ia mencoba berkarier di luar negeri. Pria asal Malang itu sempat menjadi pelatih tunggal putra Thailand sejak Januari 2019. Dia mengikuti jejak Rexy Mainaky untuk menjadi pelatih di sana.

Tapi, kemudian, dia mundur dari jabatannya pada 1 Februari 2020. Usai itu, Agus Dwi Santoso mencoba hijrah ke India dan melatih di sana sejak Maret 2020. Sayangnya, Agus Dwi Santoso mengakhiri masa jabatannya 1 bulan sebelum kontraknya habis pada Jumat (29/1/21).

Baca juga : Cedera, Apri/Fadia Gagal Duel Di Jerman Terbuka

Alasan keluarga menyebabkan dia mundur lebih cepat dari kontraknya. Sekarang, Agus Dwi Santoso kembali dipinang BAT dalam upaya untuk mencetak juara pebulutangkis tunggal putra dari Thailand. Agus pernah mengantarkan Kantaphon Wangcharoen meraih medali perunggu Kejuaraaan Dunia Bulutangkis 2019.

Tentu tidak mudah bagi Agus, Kim Ji Hyun, dan Maneepong Jongjit untuk bisa mencapai target BAT. Di masing-masing sektor, bulutangkis Thailand tergolong cukup kuat. Pada sektor tunggal putri, Thailand punya rising star berusia 15 tahun, Picthamon Opatniput, hingga Supanida Kathetong. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.