Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Ketum KONI Tangsel Hamka Handaru Siap Bangun Prestasi, Industri Dan Destinasi Olahraga

Rabu, 16 Maret 2022 07:58 WIB
Hamka (kiri) bersama Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, seusai pelantikan Ketum KONI Tangsel, Selasa (15/3). (Foto: Istimewa)
Hamka (kiri) bersama Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, seusai pelantikan Ketum KONI Tangsel, Selasa (15/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua KONI Tangerang Selatan (Tangsel) periode 2021-2025, Hamka Handaru membuat terobosan baru dalam membangun olahraga di Kotamadya Tangsel.

Bukan hanya memikirkan masalah program peningkatan prestasi, namun Hamka Handaru akan menjadikan olahraga sebagai industri (Sport Industry) dan membangun Tangsel sebagai kota destinasi olahraga.

"KONI Tangsel bukan hanya fokus membangun prestasi atlet tetapi juga menggalakkan industri olahraga dan menjadikan Tangerang sebagai kota destinasi olahraga," ujar Hamka Handaru usai dilantik Ketua Umum KONI Provinsi Banten, Edi Ariadi di Gedung KONI Tangsel, Selasa (15/3). 

Dalam membangun prestasi, kata Direktur Event Organizer (EO) Quantumconfex Indonesia yang sukses menangani Pekan Olahraga Paralimpik Nasional (Peparnas) Papua 2021, KONI Tangsel akan membangun big data seluruh atlet, pelatih dan wasit yang dimiliki Tangsel.

Baca juga : Pimpin KONI DKI, Hidayat Ajak Julizar Bersama Bangun Prestasi Olahraga

Hamka mengatakan, dari big data itu bisa dilihat atlet-atlet potensial yang bisa diandalkan dalam setiap event tingkat daerah maupun nasional.

Begitu juga dengan kualitas wasit dan pelatih yang dimiliki sesuai dengan sertifikasi. Perlu diketahui bahwa KONI Tangsel menjadi KONI pertama yang punya big data.

"Khusus untuk membangun prestasi atlet potensial, KONI Tangsel akan menerapkan Sports Science bersama Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ) yang sudah telah membuka fakultas olahraga," tambahnya.

Unruk membangun industri olahraga, kata Hamka Handaru, KONI Tangsel mewajibkan penggunaan apparel, sepatu dan bola yang diproduksi UMKM Kota Tangsel.

Baca juga : Ketum PB PJSI Apresiasi Dukungan Menpora Ke Olahraga Judo

"Saat ini kita punya 6 UMKM yang bisa diajak kerja sama memproduksi apparel, sepatu dan bola. Seluruh jaket yang dipakai pengurus ini saja produksi lokal," lanjutnya.

Lantas bagaimana dengan destinasi olahraga mengingat Kota Tangerang masih kurang fasilitas olahraganya?

Hamka Handaru menjawab,"Tidak ada masalah untuk menggelar event olahraga berskala nasional dan internasional. Sebab, kita akan menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah Internasional yang cukup banyak di Wilayah Tangsel.

"Contohnya, British International School yang memiliki lapangan sepakbola dan stadion indoor standar internasional yang bisa digunakan untuk cabang olahraga basket, bulutangkis, bolavoli, bulutangkis," ungkapnya.

Baca juga : Jadi Ketum KONI DKI, Hidayat Humaid Bakal Alokasikan 90 Persen Dana Untuk Pembinaan Cabor

"Ya, KONI Tangsel jangan hanya menggelar event skala nasional tetapi juga skala internasional. Pemko Tangsel akan mendukung adanya destinasi olahraga," kata Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie yang hadir dalam acara pelantikan tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.