Dark/Light Mode

Pasca Serangan Jantung

Nafas Gol Eriksen Ternyata Masih Oke

Senin, 28 Maret 2022 07:00 WIB
Christian Eriksen. (Foto: Getty Images).
Christian Eriksen. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - CHRISTIAN Eriksen kembali tampil untuk negaranya Denmark. Bahkan, ia berhasil menyumbangkan gol meski kalah dari Belanda 2-4 dalam laga uji coba di Johan Cruyff Arena, dini hari kemarin.

Eriksen tampil lagi, setelah 288 hari absen sejak mengalami serangan jantung yang hampir fatal di lapangan saat membela Tim Dinamit – julukan Denmark Piala Eropa tahun lalu. Peristiwa nahas pemain gelandang itu mencuri perhatian.

Eriksen, 30 tahun, dimasukkan setelah turun minum saat beberapa pemain Denmark mengalami cedera. Thomas Delaney, Yussuf Poulsen dan Alexander Bah semuanya dipaksa keluar. Dua menit setelah masuk lapangan ia mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3.

Baca juga : Ciptakan SDM Penerbangan yang Unggul, IULI-AIAC Jalin Kerja Sama Pelatihan Aviasi

Bagi Denmark dan Belanda uji coba ini menjadi persiapan menuju Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung akhir tahun ini di Qatar.

Belanda unggul lewat gol Steven Bergwijn di menit ke-16, kemudian dibalas oleh Denmark lewat gol Jannik Vestergaard. Belanda lalu memimpin 3-1 di babak pertama berkat gol Nathan Ake menit 29 dan penalti Memphis Depay menit 38.

Eriksen mendapatkan sambutan hangat dari seisi stadion saat masuk sebagai pengganti di awal babak kedua. Dalam penampilan pertamanya untuk Denmark sejak mengalami masalah jantung di Euro 2020, dia langsung mencetak gol.

Baca juga : Presiden & Mentan Tanam Jagung Di Kawasan Food Estate NTT

Bek Timnas Belanda, Matthijs de Ligt sempat merinding saat menghadapi Denmark pada laga persahabatan ini. Sebab, dia melihat Eriksen mencetak gol bagi Tim Dinamit-julukan Timnas Denmark- hanya dalam tempo dua menit setelah comeback di laga internasional.

Eriksen kembali membela Denmark setelah insiden di Piala Eropa 2020 yang hampir saja merengut nyawanya. Pemain berusia 30 tahun itu sempat terkena serangan jantung saat melawan Finlandia di penyisihan Grup B, pada 12 Juni 2021.

“Saya merinding. Sangat bagus dia (Eriksen) kembali, dan bagaimana dia mencetak gol dan membentur tiang hari ini menunjukkan kelas mutlaknya,” kata De Ligt.

Baca juga : Dihantui Inflasi Global, Rupiah Masih Kuat

Di sisi lain, Eriksen merasa senang bisa kembali membela Denmark. Dia sangat terhormat karena masih diberi kesempatan untuk menunaikan tugas Negara walau akhirnya menelan kekalahan. “Kembali ke sini selalu indah. Saya memiliki tahun-tahun yang indah di sini,” kata Eriksen.  [JON]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.