Dark/Light Mode

Timnas U-19, STY Fokus Genjot Fisik

Minggu, 3 April 2022 05:39 WIB
Para pemain timnas U-19 saat berhadapan dengan timnas Korea Selatan. (Foto : PSSI)
Para pemain timnas U-19 saat berhadapan dengan timnas Korea Selatan. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Tiimns Indonesia U-19 Shin Tae-yong (STY) terus fokus membenahi fisik anak asuhnya setelah beberapa kali ujicoba mengalami kekalahan. Terakhir dibantai Korea Selatan (Korsel) 1-5.

“Sampai tiga hari ke depan kami akan fokus untuk menguatkan fisik. Untuk organisasi permainan, akan diberikan satu persatu sambil bertanding,” ujar Shin, dikutip dari kanal YouTube PSSI TV.

Juru taktik asal Korsel itu memberikan beberapa menu latihan untuk meningkatkan kekuatan otot, kelincahan dan kemampuan melompat. Semua proses itu dilakukan beriringan dengan evaluasi lain terkait kelemahan-kelemahan di skuad Garuda Nusantara.

Baca juga : Lawan Korsel Lagi, Timnas U-19 Diminta Kudu Fokus

“Latihan-latihan seperti itu juga dilakukan di setiap kelompok usia Timnas Korea Selatan,” tutur pelatih timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu.

Terkait situasi psikologis timnas U-19 usai ditundukkan Timnas U-19 Korsel 1-5, STY menegaskan, semua pemainnya masih dalam motivasi tinggi dalam menjalankan latihan.

Apalagi, menurut pria 51 tahun itu, empat dari lima gol skuad Negeri Ginseng itu terjadi karena kesalahan pemain, bukan karena keunggulan permainan lawan.

Baca juga : Perindo Genjot Konsolidasi

“Saya yakin kalau pemain bisa melakukan yang terbaik, kemampuan mereka akan terus meningkat,” kata STY.

Shin Tae-yong mengakui, latihan penguatan fisik Garuda Muda Indonesia Timnas U-19 itu mengadopsi latihan Timnas Korsel. Metode itu diterapkan agar Timnas U-19 memiliki kondisi fisik tangguh.

“Latihan seperti ini untuk memperbaiki apa saja yang kurang. Itu dilakukan Timnas Korsel di setiap usia.” ujarnya.

Baca juga : STY Fokus Genjot Fisik Dan Mental Garuda Muda

Diketahui, Timnas U-19 sudah menelan tiga kekalahan dari empat laga persahabatan di Korsel sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 yang akan digelar 2023. Timnas U-19 takluk dari Universitas Yeungnam (1-5) dan dua kali kalah dari Timnas Korsel (0-7 dan 1-5). Sementara, satu kemenangan dicatatkan saat bersua Universitas Daegu, dengan skor 2-1. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.