Dark/Light Mode

Innalillahi, Si Tangan Emas Asal PSMS Medan Ponirin Meka Berpulang

Minggu, 10 April 2022 20:46 WIB
Almarhum Ponirin Meka. (Foto : Skor.id/Suharto Sahan)
Almarhum Ponirin Meka. (Foto : Skor.id/Suharto Sahan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jagat sepak bola Indonesia berduka. Legenda Timnas Indonesia dan PSMS Medan, Ponirin Meka, dikabarkan wafat pada Minggu (10/4) sore.

Sebelumnya, Ponirin Meka yang mendapat julukan si Tangan Emas itu, dikabarkan sempat mengalami serangan jantung pada 27 Maret 2022. Mantan kiper timnas Indonesia itu sempat tak sadarkan diri ketika mendapatkan perawatan di ruang ICU.

Baca juga : Liga Italia, Spinazzola Akan Merumput Lagi

“Teman-teman, sahabat kita, Ponirin Meka, telah meninggal dunia tadi sore jam 17.00 WIB di kediaman, Tanjung Morawa,” tulis pengurus PSM Medan, Julius Radja kepada media, Minggu (10/4).

Ponirin dikenal sebagai salah satu kiper terbaik pada masanya dan menjadi andalan timnas Indonesia. Bersama PSMS Medan, ia merasakan gelar juara kompetisi amatir Perserikatan musim 1984-1985 setelah mengalahkan Persib Bandung di final.

Baca juga : Sore Ini Lawan PSM Makassar, Macan Kemayoran Lepas Beban

Ponirin Meka pernah tampil di ajang Asian Games 1986 yang digelar di Seoul, Korea Selatan. Timnas Indonesia melaju hingga semifinal, setelah mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) di perempat final via adu penalti, 6-5.

Kala itu Ponirin Meka menggagalkan eksekusi penalti pemain UEA di babak kedua dan sekali saat adu penalti.

Baca juga : Innalillahi! Guru Besar Hukum Unpar Prof Asep Warlan Meninggal Dunia

Keahliannya dalam menepis tendangan penalti membuat Ponirin mendapat julukan "si Tangan Emas".

Pencapaian terbaik Ponirin Meka bersama timnas Indonesia dirasakannya di ajang SEA Games 1987 dan Piala Kemerdekaan 1987 karena berhasil keluar sebagai juara. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.