Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang SEA Games, Ini Pesan CdM Ferry J Kono

Rabu, 20 April 2022 21:59 WIB
Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry J Kono. (Foto: Istimewa)
Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry J Kono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry J Kono kian memperkuat koordinasi kesiapan Merah Putih jelang 21 hari menuju upacara pembukaan.

Hal terkait akomodasi, transportasi, hingga penerapan protokol kesehatan kian dimatangkan, mengingat multi event dua tahunan kawasan Asia Tenggara edisi ke-31 kali ini tersebar di 12 kota/provinsi.

Ferry menjelaskan kesiapan panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) belum 100 persen. Hal ini terlihat dari hasil visitasi Tim CdM Kontingen Indonesia ke Vietnam.

Baca juga : Hasil PON Bukan Jaminan Berlaga Di SEA Games, Ini Alasannya

“Pekan lalu kami mengirim tim untuk melihat langsung kesiapan SEA Games, sekaligus memetakan jarak tempuh antar-venue, hotel, transportasi, dan lain-lain. Lokasi yang berjauhan menjadi tantangan, ditambah lalu lintas di sana juga macet,” ujar Ferry, Rabu (20/4/).

SEA Games 2021 Vietnam tersebar di 12 kota, yaitu Ha Noi, Hoa Binh, Bac Giang, Quang Ninh, Bac Ninh, Vinh Phuc, Hai Phong, Ninh Binh, Nam Dinh, Phu Tho, Ha Nam, dan Hai duong. Kontingen Indonesia, kata Ferry, membagi dalam tiga kluster, di mana setiap kluster didampingi seorang manajer demi memudahkan koordinasi.

“Klaster I itu meliputi Kota Ha Noi dan beberapa cabor yang dipertandingkan di area Selatan ditangani oleh Richard Sam Bera. Klaster II meliputi Ha Noi utara dan barat laut dan timur ditangani Andri Paranoan,"ujar Ferry.

Baca juga : Gelar Rapimnas II, Ini Persiapan PPP Hadapi Pemilu 2024

Sedangkan kluster III ini mencakup wilayah ujung Timur yang jaraknya 3,5 jam dari kota Ha Noi ditangani Cresida Mariska.

 “Ketiga kluster manajer ini sudah meninjau langsung setiap venue SEA Games Vietnam. Hasilnya, memang belum 100 persen siap karena beberapa ada yang masih tahap renovasi dan lain-lain. Tapi, tuan rumah menjanjikan semua venue siap saat games time.” ujar Ferry.

Menurutnya semua kami lakukan untuk memudahkan koordinasi antar kota/provinsi, sehingga cabor dan atlet Tim Indonesia dapat bertanding dengan nyaman.

Baca juga : Jelang SEA Games Vietnam, Esports Targetkan 6 Medali Emas

Ferry menjelaskan akan memperkuat komposisi tim dokter. Tim CdM, tambahnya, juga akan membawa alat uji tes Covid-19 sebagai antisipasi Tim Indonesia.

Sebagai informasi, VIESGOC sebenarnya juga telah menerapkan protokol kesehatan dengan test berkala seluruh kontingen yang terlibat di SEA Games.

“Ada uji rutin, tetapi semua alat-alat ini kami bawa sebagai pembanding hasil test yang dilakukan panitia, sehingga selain alasan kesehatan, kita juga memastikan atlet-atlet kita ini tidak mendapat perlakuan yang nantinya dapat berdampak pada jadwal pertandingan karena adanya hasil false positive,” pungkas Ferry. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.