Dark/Light Mode

Indonesia Vs Filipina

Garuda Muda Siap Tempur

Jumat, 13 Mei 2022 07:20 WIB
Pemain Timnas U-23 Indonesia Egy Maulana Vikri (kedua kanan) menggiring bola saat sesi latihan di Lapangan B, Kompleks GBK, Jakarta, Sabtu (30/4). (Foto: Antara)
Pemain Timnas U-23 Indonesia Egy Maulana Vikri (kedua kanan) menggiring bola saat sesi latihan di Lapangan B, Kompleks GBK, Jakarta, Sabtu (30/4). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duel Indonesia versus Filipina di partai ketiga penyisihan Grup A SEA Games 2021 Stadion Viet Tri, Vietnam sore ini, menjadi duel pamungkas. Kemenangan menjadi harga mati bagi Garuda Muda, jika ingin lolos ke babak semifinal.

Gelandang sayap Tim U-23 Indonesia Egy Maulana mengatakan, saat ini kondisi tim bagus, jelang melawan Filipina.

“Kami fokus ke tim sendiri bagaimana agar dapat bermain sebaik mungkin dan mengalahkan Filipina. Kami harus bermain lebih fokus, jangan mengulangi kesalahan dan konsentrasi,” kata Egy.

Pada pertandingan melawan Timor Leste, Egy berhasil mencetak gol pada menit ke-16 untuk membawa Indonesia U-23 unggul 1-0 atas Timor Leste pada babak pertama.

Baca juga : Indonesia Vs Filipina, Garuda Muda Siap Tempur

“Bagi saya, itu satu di antara taktik pelatih. Saya juga harus mengikutinya karena saya juga harus menjaga diri,” ujar Egy terkait pergantian dirinya di paruh babak kedua oleh Pelatih Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong mengganti Egy karena ingin menjaga tenaga sang pemain untuk melawan Filipina.

“Masih banyak pertandingan ke depan. Apalagi dalam dua partai terakhir di babak penyisihan, kami harus menang. Jadi, saya harus selalu bugar, dan beberapa teman juga sudah mulai bugar karena istirahat. Ada yang bermain full dan tidak full,” jelasnya.

Shin Tae-yong mengatakan, jika ingin lolos Indonesia harus memenangi dua laga pamungkas Grup A sepak bola SEA Games 2021, yakni melawan Filipina dan Myanmar, berapa pun skornya.

Baca juga : Garuda Muda Bantai Timor Leste, Shin Tae Yong Belum Puas

“Pemain harus memikirkan kemenangan. Kami tak terlalu mementingkan selisih gol,” ucap Shin Tae-yong. Kemenangan dari pertandingan menghadapi Filipina pada Jumat (13/5) dan Myanmar pada Minggu (15/5) mutlak diperlukan demi menjaga peluang lolos ke semifinal.

Shin Tae-yong mengakui, peforma timnya menurun di SEA Games 2021. Juru taktik asal Korea Selatan itu mengungkapkan penyebabnya.

Keberhasilan Timnas Indonesia menjadi runner up Piala AFF 2020 menjadi harapan masyarakat Indonesia supaya Garuda Muda Muda menjadi juara dan meraih medali emas di SEA Games 2021.

Pasalnya, skuad yang ada di Timnas U-23 saat ini mayoritas merupakan pemain yang tampil di Piala AFF 2020, pada Desember 2021.

Baca juga : Pagi Ini, Mata Uang Garuda Naik Tipis

Namun, kenyataan tak sesuai harapan. Timnas Indonesia U-23 masih terseok-sesok di Grup A SEA Games 2021. Indoneia baru meraih satu kemenangan dan sekali kalah dari dua laga di Grup A.

Ironisnya, Timnas Indonesia U-23 memulai SEA Games 2021 dengan kekalahan telak 0-3 dari Vietnam pada 6 Mei 2022. Beruntung, Timnas U-23 mampu bangkit empat hari berselang ketika membantai Timor Leste dengan skor 4-1.

Hanya saja, kemenangan itu memengaruhi posisi Timnas Indonesia U-23 di Grup A. Tim Garuda Muda masih terbelenggu di peringkat keempat dari lima peserta, dengan torehan tiga poin dari 2 partai.

Shin Tae-yong pun mengakui performa timnya menurun. Dia menyebut, Ricky Kambuaya dkk sudah cukup lama tidak bertanding. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.