Dark/Light Mode

Indonesia vs Thailand 0-1

Gagal Ke Final, STY Minta Maaf

Jumat, 20 Mei 2022 07:00 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Witan Sulaeman (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Chayapipat Supanpasuch (kanan) dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom).
Pesepak bola Timnas Indonesia Witan Sulaeman (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Chayapipat Supanpasuch (kanan) dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pupus sudah impian Timnas U-23 Indonesia tampil di final sepak bola SEA Games Vietnam. Garuda Muda tersingkir di babak semifinal, setelah ditaklukkan Thailand 0-1 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, kemarin.

Indonesia tidak diperkuat Asnawi Mangkualam yang menjalani hukuman akumulasi kartu. Sebagai gantinya, Rachmat Irianto ditunjuk Pelatih Shin Tae-yong (STY) mengisi pos bek sayap kanan.

Irianto lebih sering dijadikan gelandang bertahan oleh STY. Namun untuk laga ini, juru taktik asal Korea Selatan lebih percaya kepadanya ketimbang Ilham Rio Fahmi untuk mengisi pos yang ditinggalkan Asnawi.

Baca juga : Indonesia Miliki Ribuan Naskah Kuno Nusantara, Layak Jadi Warisan Dunia

Tampil dengan format 4-3-3, Indonesia langsung menggebrak untuk menggedor pertahanan Thailand. Kreasi serangan yang dibangun beberapa kali membuat lawan kewalahan.

Sebaliknya, Thailand meladeni permainan Indonesia dengan lebih banyak melakukan penguasaan bola. Tampil dengan sedikit berbeda, Thailand lebih mengandalkan teknik tinggi dan umpan-umpan pendek untuk membongkar pertahanan skuad Garuda.

Thailand terlihat tak mau menerapkan permainan tempo cepat yang merupakan karakter permainannya. Agaknya tim berjulukan Gajah Putih itu lebih hati-hati menghadapi Indonesia.

Baca juga : Garuda Muda Siap Robohkan Gajah Putih

Setiap kali berhasil mematahkan serangan Indonesia, mereka memilih bersabar dalam melancarkan serangan balik. Thailand menciptakan peluang lewat Benjamin James Davis pada menit ke-24. Namun, tendangan jarak jauhnya masih membentur pemain Indonesia dan hanya menciptakan sepak pojok.

Giliran Indonesia mendapat peluang berbahaya pada menit ke-38. Sebuah eksekusi tendangan bebas Egy Maulana Vikri disambar sundulan Rizky Ridho, sayang bola masih melebar dari sasaran.

Memasuki babak kedua Skuad Garuda yang berbalik tertekan beberapa kali hampir kecolongan akibat kesalahan sendiri. STY memasukkan Saddil Ramdani menggantikan Witan Sulaeman, dan Syahrian Abimanyu menggantikan Marselino Ferdinan pada menit ke-63.

Baca juga : Garuda Muda Kudu Fokus Dan Waspada

Indonesia yang tertekan sejak awal babak kedua, akhirnya mampu keluar menyerang. Hingga babak kedua selesai kedudukan masih tidak berubah 0-0.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.