Dewan Pers

Dark/Light Mode

AS Roma Juara UEFA Conference League, Mourinho Cetak Sejarah

Kamis, 26 Mei 2022 05:38 WIB
Selebrasi para pemain AS Roma juara UEFA Conference League. (Foto : Twitter)
Selebrasi para pemain AS Roma juara UEFA Conference League. (Foto : Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Jose Mourinho mencetak sejarah bagi AS Roma. Dia berhasil meraih trofi kompetisi UEFA pertama bagi AS Roma usai menang atas Feyenoord pada Kamis (26/5) dini hari WIB tadi.

Melawan Feyenoord, di babak final perdana Europa Conference League, AS Roma berhasil menjadi juara setelah menang dengan skor 1-0. 

Ini adalah trofi pertama Roma sejak Coppa Italia pada 2008.

Para pemain AS Roma sempat kesulitan membuka pertahanan lawan dalam 30 menit pertama. Feyenoord lebih menguasai penguasaan bola dan Roma beberapa kali mencoba serangan balik yang sering kandas.

I Lupi berhasil mencetak gol di peluang pertamanya pada menit ke-31. Gianluca Mancini memberi umpan lambung terukur ke Nicolo Zaniolo di kotak penalti. Dia mengontrol bola dengan dadanya dan menyontek bola masuk ke gawang Justin Bijlow.

Berita Terkait : Sikap Jokowi Tetap Sama

Feyenoord punya peluang lewat tendangan jarak jauh Orkun Kokcu pada menit ke-41, namun bisa diamankan Rui Patricio.

Baba pertama berakhir dengan skor 1-0.

Feyenoord mendapatkan peluang cepat pada menit ke-46. Gianluca Mancini hampir melakukan bunuh diri karena tekelnya membentur tiang gawang. Bola liar ditendang oleh Fredrik Aursnes, dan Rui Patricio berhasil menepisnya.

Setelah itu, Tyrell Malacia punya peluang bagus setelah dia berdiri bebas tepat di luar kotak penalti dan melepaskan tembakan keras. Namun Patricio melakukan penyelamatan fantastis dengan menepis bola dan membuat bola membentur mistar gawang.

Peluang pertama Roma pada babak kedua baru didapatkan pada menit ke-72. Tendangan Jordan Veretout dari luar kotak penalti bisa ditepis Justin Bijlow.

Berita Terkait : Aman Tarawih Aman Lebaran, Cek Prokesnya Ya...

Pada menit ke-85, Lorenzo Pellegrini punya peluang emas setelah menerima umpan terobosan dari Veretout di kotak penalti, namun tendangannya bisa ditepis Bijlow.

Laga AS Roma vs Feyenoord berakhir dengan skor 1-0. I Lupi berhasil menjadi juara pertama kompetisi Europa Conference League.

Khusus bagi Jose Mourinho, ini adalah trofi kelima di pentas Benua Biru.

Mourinho mencatatkan kemenangan 100 persen di laga lima laga final dalam pentas kejuaraan UEFA.

Pelatih asal Portugal itu kali pertama tampil di partai pemungkas Eropa adalah pada Piala UEFA 2002/2003. Ketika itu Mourinho membawa Porto menjadi juara dengan mengalahkan Celtic 3-2.

Berita Terkait : ASTON Kartika Grogol Hotel & Conference Center Raih Penghargaan Bergengsi

Mourinho kian berkibar setelah mengantar Porto menjadi juara Liga Champions. Anak asuh Mourinho menang 3-0 atas Monaco.

Kesuksesan Mourinho selanjutnya terjadi pada musim 2009/2010 ketika mempersembahkan gelar Liga Champions untuk Inter Milan.

Mourinho kemudian meraih prestasi puncak di Eropa untuk kali keempat ketika menangani Manchester United. Pada musim 2016/2017, Mourinho membawa Man Utd untuk kali pertama menuai sukses di Liga Europa. Kini juara untuk AS Roma. ■