Dark/Light Mode

Gondol Gelar Liga Champions Ke-14

Los Blancos Raja Benua Biru

Senin, 30 Mei 2022 07:00 WIB
Real Madrid sukses menggondol trofi Liga Champions ke-14 kalinya, setelah menaklukkan Liverpool 1-0 di Stade de France, Saint-Denis, Prancis, dini hari kemarin. (Foto: AFP).
Real Madrid sukses menggondol trofi Liga Champions ke-14 kalinya, setelah menaklukkan Liverpool 1-0 di Stade de France, Saint-Denis, Prancis, dini hari kemarin. (Foto: AFP).

 Sebelumnya 
Sementara itu, Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp harus menelan kenyataan pahit timnya kembali kalah di tangan Real Madrid pada partai final Liga Champions. Dengan kekalahan ini, Liverpool mengakhiri musim ini dengan torehan dua trofi, Piala FA dan Piala Liga Inggris.

“Di ruang ganti, tidak ada yang merasa paling hebat. Kami mungkin perlu beberapa jam untuk menerima kenyataan itu,” tutur Jurgen Klopp kepada BT Sport.

“Kami memainkan permainan yang bagus, memang bukan permainan yang sempurna,” katanya.

Menurutnya, Liverpool tampil dominan dalam segi menciptakan peluang gol. Namun, Real Madrid tampil efektif.

Baca juga : El Real Juara, Benzema Top Skor, Courtois Pemain Terbaik

“Para pemain mencoba segalanya, terutama saat tertinggal 1-0 kemudian kami bermain seperti yang kami inginkan sebelumnya. Gelandang kami terlalu dalam karena ancaman mereka adalah serangan balik. Kami ingin lebih berani di babak kedua,” tutur Jurgen Klopp lagi.

Soal pencapaian Liverpool di Liga Champions musim ini, Kloppmenargetkan akan merebut trofi musim depan. “Rasanya berbeda. Tidak buruk mencapai final. Ini semacam kesuksesan, meskipun bukan kesuksesan yang Anda inginkan. Saya punya firasat kuat kami akan kembali lagi,” ujarnya.

Mohamed Salah Cs bukan tanpa usaha untuk mencetak gol, karena sepanjang pertandingan tampil dominan dan melepaskan sembilan tembakan akurat.

“Kami memiliki lebih banyak tembakan dan peluang tepat sasaran. Akan tetapi, statistik yang paling menentukan ada di pihak Madrid,” kata Jurgen Klopp.

Baca juga : Final Liga Champions, Asensio Pede Bikin Gol

Penyataan Klopp memang masuk akal. Statistik UEFA mencatat, Liverpool melepaskan 23 tembakan, sedangkan Real Madrid hanya punya tiga tembakan yang satu di antaranya tepat sasaran.

“Mereka mencetak gol, sedangkan kami tidak. Itulah penjelasan termudah dalam dunia sepak bola. Itu penjelasan kasar, akan tetapi kami tentu saja menghormatinya,” tegas Klopp.

Kekalahan ini membuat Liverpool gagal menambah koleksi gelar Liga Champions. Klub asal Merseyside Inggris tersebut kini sudah mengemas enam gelar.

Kekalahan di final ini juga menjadi yang keempat bagi Liverpool. Sebelumnya, Liverpool juga sudah menjadi runner up Liga Champions pada edisi 1985, 2007, dan 2018.

Baca juga : Jelang Final Liga Champions, Van Dijk Siap Tempur

Menariknya, Real Madrid menjadi tim yang paling sering menggagalkan misi Liverpool menjadi juara. Sebelumnya, Madrid mengalahkan Liverpool pada final 2018. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.