Dark/Light Mode

UEFA Nation League, Belgia vs Belanda 1-4

De Rode Duivels Malu Di Kandang

Minggu, 5 Juni 2022 07:00 WIB
Memphis Depay. (Foto: Getty Images).
Memphis Depay. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Belgia malu bukan kepalang. De Rode Duivels—julukan Timnas Belgia dibantai di depan pendukungnya oleh Belanda usai kalah 1-4 pada laga perdana Grup D UEFA Nations League atau Liga Negara di Stadion Raja Baudoin, dini hari kemarin.

Performa Belanda di laga ini memang terbilang cukup mengesankan. Mereka langsung mendominasi jalannya permainan sejak peluit tanda dimulainya pertandingan ditiup wasit. Bahkan, tepat di menit 16, Steven Berghuis berpeluang mencetak gol. Tapi masih mampu diselamatkan kiper Belgia, Simon Mignolet.

Belanda baru berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-40. Gol itu dicetak Steven Bergwijn lewat tendangan dari luar kotak penalti. Meski unggul 0-1, Belanda tidak berhenti melancarkan serangan. Mereka terus menerus membombardir lini pertahanan tuan rumah, hingga akhirnya berpeluang menggandakan keunggulan tiga menit kemudian.

Baca juga : UEFA Nations League, Belanda Bantai Belgia 4-1

Peluang itu didapat setelah Timothy Castagne dianggap handball di kotak terlarang. Namun, wasit menganulir keputusan penalti setelah melihat tayangan monitor Video Assistant Referee (VAR). Hingga babak pertama berakhir, tak ada lagi gol tercipta. Tapi Belanda kembali tampil mendominasi saat babak kedua mulai berjalan. Enam menit kemudian, Belanda berhasil menggandakan keunggulan.

Kali ini giliran Memphis Depay yang menjebol gawang dengan memanfaatkan umpan matang Berghuis. Mignolet kembali harus memungut bola dari gawang pada menit ke-61.

Denzel Dumfries mencetak gol tap-in memaksimalkan assist Daley Blind, sekaligus membawa Belanda unggul 3-0.

Baca juga : Belgia Vs Belanda, Demi Masuk 4 Besar

Depay mencetak brace empat menit berselang. Bintang Barcelona itu menerima bola umpan dari Blind dengan dadanya, sebelum melepaskan tembakan yang gagal dibendung Mignolet. Belanda menjauh 4-0. Belgia berusaha memperkecil ketertinggalan di sisa waktu yang ada. Gol yang dinanti baru tercipta pada menit injury time lewat Michy Batshuayi. Laga tuntas untuk kemenangan Belanda 4-1. Hasil ini membuat tim asuhan Roberto Martinez mendekam di dasar klasemen Group 4. Usai pertandingan, Mignolet menyayangkan kekalahan ini.

“Tidak ada alasan untuk kekalahan ini. Anda mendapatkan kesempatan untuk bermain melawan Belanda dan Anda harus mengambil kesempatan itu dengan kedua tangan,” kata Mignolet seperti dikutip dari Goal International, kemarin.

Kendati begitu, mantan penjaga gawang Liverpool itu mengatakan, kekalahan ini sebagai modal pelajaran sebelum tampil di Piala Dunia 2022 Qatar, November mendatang. Dia juga yakin De Rode Duivels masih bisa berkembang jika belajar dari kekalahan ini.

Baca juga : Tjahjo Kumolo Resmikan Taspen Mall Di Bandung

“Menjelang Piala Dunia, pertandingan malam ini dan sisa pertandingan di Nations League adalah peluang bagus untuk mengukur kami. Kami harus belajar dari ini dan berkembang sebelum Piala Dunia di Qatar,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.