Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Operan Pendek Jadi Ciri Serangan Persija Ala Thomas Doll

Selasa, 7 Juni 2022 12:21 WIB
Para pemain Persija saat latihan. (Foto : Persija)
Para pemain Persija saat latihan. (Foto : Persija)

RM.id  Rakyat Merdeka - Operan pendek menjadi strategi utama yang bakal digunakan pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll mengarungi turnamen pramusim dan Liga 1 musim ini.

Mengaca pada gaya permainan skuad Macan Kemayoran musim lalu, Doll melihat bola-bola panjang menjadi salah satu kekurangan yang harus diminimalisir.

“Saya melihat  Persija di musim lalu banyak memainkan bola-bola panjang. Dalam sistem Saya, pemain harus bisa melakukan banyak operan pendek dengan nyaman dan kalau bisa melakukan pressing juga," kata Thomas Doll menyoal gaya permainannya musim ini.

Baca juga : Indonesia Perkuat Kerja Sama Air Dengan Belanda

Gaya ini diharapkan membawa perubahan termasuk dalam menjaga pertahanan. 

"Selain itu Saya ingin mereka bisa bermain lebih baik dengan bola bawah maupun bola atas. Saya berharap dengan sistem ini, kami bisa memainkan offensive football yang membuat banyak peluang di area kotak penalti,” tuturnya

Thomas Doll menuturkan saat lawan Sabah FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (5/6/2022) pola itu sudah diterapkan. 

Baca juga : Mega Kasih Alasan Logis

Kendati mengakhiri laga dengan skor 1-2, permainan Riko Simanjuntak dkk. sudah membuat Thomas lega. Meski baru berlatih selama dua pekan, skema yang diinginkannya sudah mulai bisa diaplikasikan oleh para pemain.

Di pertandingan tersebut, di mana Macan Kemayoran memainkan 20 pemain, Thomas menerapkan formasi 3-5-2. Dalam konferensi pers pascalaga, pola itu pun menjadi perhatian media.

Tapi, bagi pelatih asal Jermain tersebut, formasi 3-5-2 tak menjadi bagian terpenting dalam instruksinya. Yang menjadi fokusnya adalah bagaimana tim besutannya bermain dengan aliran bola bawah yang cepat.

Baca juga : Harlah Pancasila Di Ende Jadi Semangat Baru Untuk Negeri

“Menurut Saya sistem permainan lebih penting ketimbang dengan formasi yang Saya pakai. Saya tidak peduli apakah nantinya akan bermain dengan satu striker atau dua striker. Saya menggunakan 3-5-2 agar pemain tengah bermain saling berdekatan,” ujar Thomas. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.