Dark/Light Mode

Kuasai 30 Persen Medali, CdM Apresiasi Prestasi Atlet Muda Indonesia Di SEA Games Vietnam

Kamis, 9 Juni 2022 16:45 WIB
CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono bersama Tim Compound Putra yang dipenggawai Prima Wardhana Wisma (27), Hendika Putra Pratama (22), Deki Hastian Atika (23). (Foto: Dok. NOC Indonesia)
CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono bersama Tim Compound Putra yang dipenggawai Prima Wardhana Wisma (27), Hendika Putra Pratama (22), Deki Hastian Atika (23). (Foto: Dok. NOC Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capaian prestasi Tim Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam membanggakan. Selain sukses memperbaiki peringkat, kontingen yang dipimpin Ferry Kono mampu menunjukkan kualitas karena 30 persen medali yang didapatkan Merah Putih dipersembahkan oleh atlet muda.

Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono bangga dengan torehan atlet Merah Putih di Vietnam. Terutama, atlet-atlet muda yang berusia 23 tahun ke bawah mampu menunjukkan prestasinya di pesta olahraga dua tahunan regional Asia Tenggara.

Baca juga : Bertemu Menlu Arab Saudi, Jokowi Apresiasi Pencabutan Larangan Ke Indonesia

“Dari 69 medali emas yang kita dapatkan, 21 di antaranya diraih oleh atlet muda atau 30 persen. Sementara gabungan atlet senior-junior memberikan 12 medali emas atau 17 persen. Sedangkan 36 medali emas lainnya atau 52 persen diberikan atlet senior,” ujar Ferry.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) ini mengatakan dari sisi pembinaan, NOC Indonesia bersama pemerintah memang menginginkan induk organisasi cabang olahraga (PP/PB) memberikan kesempatan kepada atlet muda.

Baca juga : Apresiasi Prestasi Atlet Bulutangkis, PBSI Gelar "Testimonial Day Greysia Polii"

Hal ini kemudian yang menjadi dasar mayoritas yang dikirim ke SEA Games didominasi atlet-atlet muda.

“Atlet termuda yang mendapatkan medali emas itu perenang Flairene Candrea Wonomiharjo, 16 tahun, yang turun di nomor 100m gaya punggung putri. Ada juga Masniari Wolf yang tampil 50m gaya punggung putri. Dia masih berusia 17 tahun. Sama seperti pemanah Arif Dwi Pangestu yang memberikan emas di nomor recurve perorangan putra,” ujar Ferry.

Baca juga : Ketua Badan Tim Nasional Tingkatkan Prestasi Esports Indonesia Di SEA Games Vietnam

Di sisi lain, Ferry juga bangga dengan torehan atlet senior. Seperti misalnya Eko Yuli Irawan, lifter 33 tahun yang mampu membawa pulang medali emas di kelas 61kg putra.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.