Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kuasai 30 Persen Medali, CdM Apresiasi Prestasi Atlet Muda Indonesia Di SEA Games Vietnam

Kamis, 9 Juni 2022 16:45 WIB
CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono bersama Tim Compound Putra yang dipenggawai Prima Wardhana Wisma (27), Hendika Putra Pratama (22), Deki Hastian Atika (23). (Foto: Dok. NOC Indonesia)
CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono bersama Tim Compound Putra yang dipenggawai Prima Wardhana Wisma (27), Hendika Putra Pratama (22), Deki Hastian Atika (23). (Foto: Dok. NOC Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capaian prestasi Tim Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam membanggakan. Selain sukses memperbaiki peringkat, kontingen yang dipimpin Ferry Kono mampu menunjukkan kualitas karena 30 persen medali yang didapatkan Merah Putih dipersembahkan oleh atlet muda.

Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono bangga dengan torehan atlet Merah Putih di Vietnam. Terutama, atlet-atlet muda yang berusia 23 tahun ke bawah mampu menunjukkan prestasinya di pesta olahraga dua tahunan regional Asia Tenggara.

“Dari 69 medali emas yang kita dapatkan, 21 di antaranya diraih oleh atlet muda atau 30 persen. Sementara gabungan atlet senior-junior memberikan 12 medali emas atau 17 persen. Sedangkan 36 medali emas lainnya atau 52 persen diberikan atlet senior,” ujar Ferry.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) ini mengatakan dari sisi pembinaan, NOC Indonesia bersama pemerintah memang menginginkan induk organisasi cabang olahraga (PP/PB) memberikan kesempatan kepada atlet muda.

Berita Terkait : Bertemu Menlu Arab Saudi, Jokowi Apresiasi Pencabutan Larangan Ke Indonesia

Hal ini kemudian yang menjadi dasar mayoritas yang dikirim ke SEA Games didominasi atlet-atlet muda.

“Atlet termuda yang mendapatkan medali emas itu perenang Flairene Candrea Wonomiharjo, 16 tahun, yang turun di nomor 100m gaya punggung putri. Ada juga Masniari Wolf yang tampil 50m gaya punggung putri. Dia masih berusia 17 tahun. Sama seperti pemanah Arif Dwi Pangestu yang memberikan emas di nomor recurve perorangan putra,” ujar Ferry.

Di sisi lain, Ferry juga bangga dengan torehan atlet senior. Seperti misalnya Eko Yuli Irawan, lifter 33 tahun yang mampu membawa pulang medali emas di kelas 61kg putra.

 

“Eko tak lagi muda, tetapi pengalaman membuat dia dapat menyumbang medali untuk Tim Indonesia. Kombinasi senior dan atlet muda ini juga kami harapkan bisa berjalan beriringan sehingga atlet muda termotivasi dengan baik dan atlet senior kita mampu membimbing atlet muda dengan pengalaman tersebut,” ujar Ferry.

Berita Terkait : Apresiasi Prestasi Atlet Bulutangkis, PBSI Gelar "Testimonial Day Greysia Polii"

Menurutnya hal ini bisa menjadi modal yang baik bagi Indonesia di multi event olahraga ke depan, terutama dalam merealisasikan misi lima besar dunia melalui DBON.

Sementara Senior Brand Manager Wall's Bernardus Rendita Kusumo mengaku bangga dengan raihan yang dicapai oleh Tim Indonesia.

Wall’s merupakan official partner Tim Indonesia yang telah menunjukkan konsistensinya dalam memberi dukungan dalam empat tahun terakhir.

“Sungguh suatu kebanggaan bagi Wall’s yang telah menjadi partner resmi Tim Indonesia selama empat tahun melihat prestasi para atlet Indonesia yang begitu luar biasa di ajang olahraga SEA Games 2021," ujar Bernardus.

Berita Terkait : Ketua Badan Tim Nasional Tingkatkan Prestasi Esports Indonesia Di SEA Games Vietnam

Ia menambahkan, pihaknya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para atlet Indonesia yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa.

"Sesuai dengan tujuan mulia Wall’s untuk membuat #SemuaJadiHappy, kami berharap kemenangan ini dapat menjadi semangat bagi Tim Indonesia untuk mencetak lebih banyak lagi prestasi di kancah dunia,” ujar Bernadus.

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono berkekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor.

Selain Wall’s, Tim Indonesia juga mendapat dukungan dari official patners yakni Li-Ning, serta official media partner Merah Putih Media.■