Dark/Light Mode

Demi Turnamen Wimbledon, Petenis Rusia Pindah Warga Negara

Selasa, 21 Juni 2022 10:18 WIB
Petenis kelahiran Moscow Natela Dzalamidze. (Foto : Ist)
Petenis kelahiran Moscow Natela Dzalamidze. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petenis kelahiran Moscow Natela Dzalamidze punya banyak cara untuk mewujudkan mimpinya bermain di kejuaraan tenis Wimbloden. Jika petenis Dzalamidze tetap warga Rusia atau Belarus, maka dia akan dilarang bertanding pada kejuaraan tahun ini.

Akhirnya, Dzalamidze memutuskan untuk berganti kewarganegaraan dengan mewakili Georgia. Petenis berusia 29 tahun itu didaftarkan sebagai atlet berasal dari Georgia dalam entri Wimbledon untuk ganda putri.

Baca juga : Henry Indraguna Center Didedikasikan Jadi Rumah Aspirasi Warga Solo Raya

Di sektor ganda putri, Dzalamidze berpasangan dengan Aleksandra Krunic dari Serbia. Kewarganegaraannya adalah Georgia dalam laman WTA Tour seperti dilaporkan Reuters, kemarin.

Pada April, All England Lawn Tennis Club (AELTC) melarang pemain Rusia dan Belarus ikut kompetisi di Wimbledon buntut Moskow melakukan invasi ke Ukraina. AELTC mengaku tidak punya keterlibatan dalam perubahan kewarganegaraan pemain itu.

Baca juga : Mesin Terbakar, Pesawat Jet Komersial India Mendarat Darurat

“Kewarganegaraan pemain, yang didefinisikan sebagai bendera yang membawahi mereka bermain pada event profesional, adalah proses disepakati yang diatur tur dan ITF,” kata juru bicara AELTC kepada Reuters melalui surat elektronik.

WTA dan ITF tidak merespons permintaan untuk berkomentar. Grand Slam lapangan rumput digelar 27 Juni itu telah dicoret poin rankingnya oleh ATP dan WTA Tour karena keputusannya mengecualikan petenis Rusia dan Belarus.

Baca juga : BNPP Berkomitmen Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Awal bulan ini, Asosiasi Tenis Amerika Serikat mengatakan petenis Rusia dan Belarus akan diizinkan bertanding di US Open tahun ini di bawah bendera netral. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.