Dark/Light Mode

Tumbangkan Dolar, Pagi Ini Rupiah Cerah

Rabu, 13 April 2022 09:51 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini nilai tukar rupiah dibuka menguat 0,07 persen ke level Rp 14.355 per dolar AS dibanding perdagangan kemarin di level Rp 14.366 per dolar AS.

Pergerakan mata uang Asia hari ini dibuka bervariasi terhadap dolar AS. Won Korea Selatan melonjak 0,63 persen, peso Filipina naik 0,28 persen, baht Thailand menguat 0,24 persen, ringgit Malaysia naik 0,05 persen, dan dolar Singapura naik 0,01 persen. Sedangkan Jepang minus 0,16 persen, yuan China turun 0,05 persen, dan dolar Hong Kong melemah 0,01 persen.

Baca juga : Tertekan Inflasi AS, Rupiah Melorot

Indeks dolar AS terhadap mata uang saingannya terus meningkat dan berada pada level 100,327. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro melemah 0,39 persen ke level Rp 15.541, terhadap poundsterling Inggris turun 0,41 persen ke level Rp 18.663, dan terhadap dolar Australia minus 0,53 persen ke level Rp 10.712.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, dolar terus menguat terhadap mata uang lainnya dengan naik kembali di atas level 100. “Kenaikan dolar AS ini didukung oleh imbal hasil tinggi menjelang data inflasi yang akan dirilis hari ini, yang juga meningkatkan ekspektasi kebijakan moneter yang lebih ketat,” jelasnya dalam riset yang dikutip, Rabu (13/4).

Baca juga : RUU TPKS Segera Diketok, Puan: Ini Hadiah Buat Kaum Perempuan

Presiden Fed Bank of Chicago Charles Evans yang telah lama menjadi salah satu pembuat kebijakan bank sentral AS yang lebih dovish. Menurutnya, percepatan kenaikan suku bunga untuk memerangi inflasi patut diperdebatkan.

Sementara itu, dari dalam negeri sentimen datang dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang mengatakan pandemi Covid-19 telah menyebabkan ancaman kesehatan masyarakat, dan juga berpengaruh signifikan terhadap perekonomian di semua negara.

Baca juga : Dolar AS Makin Perkasa, Rupiah Nyungsep

Ia memproyeksi, mata uang rupiah kemungkinan sepanjang hari ini bergerak fluktuatif, tetapi, ditutup melemah di rentang Rp 14.350-Rp 14.380 per dolar AS. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.