Dark/Light Mode

Piala AFC 2022

Sore Ini, Bali United Siap Mati-matian Bekuk Wakil Filipina

Kamis, 30 Juni 2022 10:23 WIB
Piala AFC 2022 Sore Ini, Bali United Siap Mati-matian Bekuk Wakil Filipina

RM.id  Rakyat Merdeka - Sore ini, Kamis (30/6) pukul 16.00 WIB, Bali United siap mati-matian mengalahkan wakil Filipina, Kaya FC Iloilo demi memuluskan langkah ke fase semifinal zona ASEAN di ajang Piala AFC 2022.

Bali United akan menghadapai Kaya FC Iloilo di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Skuad Serdadu Tridatu menargetkan kemenangan atas wakil Filipina tersebut.

Bali United membuka kiprah di AFC Cup 2022 dengan meraih kemenangan 2-0 dari Kedah Darul Aman FC (24/6). Permainan apik serta rapi yang dilakoni oleh Brwa Nouri dan kolega membuat Serdadu Tridatu sempat menduduki puncak klasemen sementara grup G.

Namun sayang, anak asuh Stefano Cugurra gagal melanjutkan tren kemenangan di pertandingan kedua. Bali United harus menerima kekalahan telak 2-5 dari Visakha FC (27/6). Sempat unggul terlebih dahulu, Serdadu Tridatu kehilangan fokus yang mampu dimanfaatkan dengan baik oleh skuad Blue Horse –julukan Visakha FC.

Akibat hasil ini, Visakha FC berhasil menggeser Bali United di puncak klasemen grup G dengan koleksi enam poin. Peluang Nadeo Argawinata dan kawan-kawan untuk lolos ke fase semifinal ASEAN pun semakin sulit.

Baca juga : Partai Beringin Siapin Pendamping Khofifah

Sementara itu, Kaya FC Iloilo bahkan belum pernah meraih satupun kemenangan dari dua laga di fase grup. Menjalani laga pertama (24/6), anak asuh Yu Hoshide harus rela tunduk dengan skor akhir 1-2 dari Visakha FC walau sempat tampil menjanjikan pada babak pertama.

Tren negatif tersebut pun berlanjut ke pertandingan kedua. Menghadapi Kedah FC, The Mighty Kaya –julukan Kaya FC– harus tunduk dengan skor telak 1-4. Dua kekalahan membuat klub dengan warna kebesaran kuning ini terseret di dasar klasemen grup G.

Melihat hasil laga terakhir kedua tim, baik anak asuh Teco maupun Yu Hoshide pasti akan bermain terbuka untuk meraih kemenangan.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra menegaskan bahwa timnya sudah siap menghadapi pertandingan penting ini. Kekalahan telak dari Visakha FC di laga sebelumnya memberi pelajaran berharga bagi skuadnya.

Sejumlah kesalahan yang dibuat saat berjumpa tim asal Kamboja tersebut menjadi bahan evaluasi penting jelang menghadapi Kaya FC besok. Ia pun telah bekerja keras memperbaiki performa tim daripada harus memikirkan kekuatan lawan.

Baca juga : Persija Vs Madura United, Demi Moral Macan Kemayoran

Coach Teco optimis jika Bali United mampu bermain solid, maka kemenangan akan bisa diraih.

“Saya pikir setelah kami melawan Visakha FC dari Kamboja, tidak ada banyak hari untuk berlatih. Sehingga saya tidak memaksakan supaya pemain tidak kehabisan tenaga saat pertandingan. Kami juga harus fokus kepada tim kami sendiri saja," kata Teco.

Saat melawan Visakha FC, Teco mengakui anak asuhnya banyak melakukan kesalahan individu maupun kesalahan tim ketika bertahan.

"Visakha FC pasti punya kualitas, tetapi kami banyak membuat kesalahan. Ketika kami bisa memperbaiki itu untuk besok, saya pikir lebih baik daripada memikirkan kekuatan lawan. Kami harus memperbaiki performa tim sendiri. Ketika kami bisa bertahan lebih bagus besok dan tidak membuat kesalahan di sektor belakang, saya pikir kami bisa mencetak gol dan menang melawan mereka,” jelas Coach Teco.

Lebih lanjut, meskipun sang lawan belum pernah menang, tetapi sejatinya Kaya FC memiliki potensi untuk memberi perlawanan ketat. Apalagi, dalam kompetisi domestik tim asal kota Iloilo ini terhitung kuat.

Baca juga : Sore Ini, Pesut Etam Kejar Juara Grup B

Anak asuh Yu Hoshide ini menjadi runner-up kompetisi Philippine Football League 2020 dengan koleksi 11 poin dari 3 kemenangan dan 2 seri. Kaya FC juga merupakan kolektor 3  trofi juara turnamen Copa Paulino Alcantara.

Sejumlah pemain Kaya FC pun patut diwaspadai oleh Bali United, salah satunya adalah Robert Lopez Mendy. Sebab, pada ajang AFC Cup 2020 silam, striker asal Senegal tersebut sukses menjebol gawang Serdadu Tridatu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.