Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Pilgub Jatim 2024

Partai Beringin Siapin Pendamping Khofifah

Rabu, 29 Juni 2022 07:45 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Antara)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Timur (Jatim), M Sarmuji menilai, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa layak memuncaki hasil survei elektabilitas calon Gubernur Jatim pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Bahkan, Beringin berpotensi mengusung Khofifah kembali di Pilkada mendatang.

“Kalau Bu Khofifah masih ingin maju gubernur lagi, ada kemungkinan (Golkar) mendukung beliau. Bisa jadi, kami akan menawarkan pendamping (wakil gubernur, red) buat beliau,” ujar Sarmuji kepada wartawan, kemarin.

Diketahui, berdasar hasil survei Poltracking yang dirilis Rabu (22/6), elektabilitas Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur (cagub) Jatim masih tak tertandingi. Dalam laporan survei bertajuk “Peta Elektoral Pilkada dan Pilpres 2024 di Jawa Timur” itu, elektabilitas Khofifah berada diperingkat pertama, mencapai 39,8 persen.

Baca juga : Partai Garuda Sebut Mahathir Pemimpi Yang Tersesat

Tingkat elektabilitas Khofifah juga berjarak cukup jauh dengan Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini yang ada di posisi kedua, dengan elektabilitas sebesar 19,5 persen. Sementara diperingkat ketiga ada nama Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dengan elektabilitas 9,6 persen.

Melanjutkan keterangannya, Sarmuji mengatakan, DPD Partai Golkar Jatim akan mendukung penuh kepemimpinan Khofifah hingga masa jabatannya berakhir. Mengenai Pilkada, lanjut dia, Partai Golkar memiliki banyak kader muda hingga berpengalaman yang mumpuni, sehingga Khofifah tinggal memilih untuk dijadikan wakil gubernur.

“Kami memiliki banyak kader yang bisa ditawarkan. Beliau bisa memilih kader yang saat ini menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi, maupun kepala daerah dari Golkar,” jelas dia.

Baca juga : Bola Piala Dunia 2022 Buatan Madiun, Khofifah Bangga

Sekadar informasi, sejumlah nama kader Partai Golkar dispekulasikan akan diusulkan untuk mendampingi Khofifah. Di antaranya, Ketua DPD Jatim Sarmuji, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, Anggota DPR RI M Misbakhun, dan Ridwan Hisjam, hingga Menantu Pakde Karwo yang baru bergabung dengan Golkar Bayu Airlangga.

Menanggapi nama-nama yang beredar itu, Sarmuji mengatakan, pihaknya belum menentukan nama kader yang akan diusung. “Kalau isu dan spekulasi yang ada, itu kan wajar. Tapi, belum waktunya mengeluarkan nama calon. Kami masih fokus untuk meningkatkan perolehan kursi Golkar di Pemilu 2024, baru fokus Pilkada 2024,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini menilai, sosok Khofifah juga layak untuk diusung atau maju pada kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga : Pencalonan Kader Beringin Mentok Gegara Tiket Partai

“Ketokohan beliau sudah nasional. Sejak awal, kami juga sudah menawarkan untuk menjadi cawapres Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Beliau tinggal milih saja,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.