Dark/Light Mode

Piala AFF U-19 2022 Indonesia vs Thailand

Jamuan Untuk Musuh Bebuyutan

Rabu, 6 Juli 2022 07:00 WIB
Sejumlah pesepak bola timnas U-19 mengikuti latihan di Stadion Madya, Kompeks Gelora Bung Karno, Jakarta. (Foto: ANTARA).
Sejumlah pesepak bola timnas U-19 mengikuti latihan di Stadion Madya, Kompeks Gelora Bung Karno, Jakarta. (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
Menurutnya, Thailand tidak hanya unggul kemampuan individu, mereka juga diunggulkan karena pelatih, Salvador Garcia sudah memiliki jam terbang yang cukup mumpuni bersama anak asuhnya.

“Kemampuan individu, postur tubuh mereka sangat baik, jadi mental (Indonesia U-19) untuk berjuang harus ditingkatkan,” ujar Shin Tae-yong.

Salvador Valero Garcia mengaku akan mewaspadai pergerakan gelandang andalan Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan.

Baca juga : Penyisihan Grup A, Timnas Indonesia Sikat Brunei 7-0

Tidak hanya itu, pelatih asal Spanyol ini akan memerintahkan pemainnya untuk mematikan pergerakan gelandang milik Persebaya Surabaya tersebut.

Salvador Valero menilai, Marselino Ferdinan tampil prima di dua laga Piala AFF U-19 2022 yang dijalani di Timnas Indonesia U-19. Performa Marselino Ferdinan paling mencolok saat Timnas Indonesia U-19 menang 7-0 atas Brunei di pertandingan kedua.

Menurutnya, Marselino Ferdinan paling dominan, bahkan saat ditarik keluar di awal babak kedua, Timnas Indonesia U-19 sedang unggul 6-0 atas Brunei. Keluarnya Marselino Ferdinan membuat serangan skuad Garuda Nusantara menurun.

Baca juga : Jangan Remehkan Lawan

Timnas Indonesia U-19 hanya bisa menambah satu gol setelah Marselino Ferdinan keluar. Bagi yang belum tahu, pemain Persebaya Surabaya itu mengecap penampilan bersama Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur.

Segudang pengalaman yang dimiliki Marselino Ferdinan di level internasional membuat Salvador Valero Garcia ngeri. Pergerakannya selama membela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 pun membuat Salvador Valero Garcia terpukau.

“ Marselino Ferdinan adalah pemain kunci bagi Indonesia. Dia pemain top di grup ini. Kami bersiap-siap dengan taktik spesifik untuk menghentikannya,” kata Valero pada jumpa pers, kemarin.

Baca juga : Ini Alasan Ronaldo Cs Cuma Dapat Kaca Mata Lawan Vietnam

Sekadar informasi, Salvador Valero Garcia merupakan mantan Pelatih Timnas Thailand U-16. Valero menangani Thailand U-16 dalam kurun 2017 hingga 2019.

Hal itu berarti, Salvador Valero Garcia pernah beberapa kali berhadapan dengan para pemain Timnas Indonesia U-19 ketika masih membela tim U-16. Dengan berbekal pengalamannya itu, Salvador Valero Garcia berharap bisa mendapat hasil manis.

“Saya harap bisa menang, mereka sekarang punya pelatih yang kuat. Dulu mereka dilatih Bima Sakti, sekarang mereka membawa pelatih baru (Shin Tae-yong),” ujar pelatih asal Spanyol itu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.