Dark/Light Mode

Tjahjo Kumolo Wafat, Moeldoko: Indonesia Kehilangan Tokoh Besar

Jumat, 1 Juli 2022 14:55 WIB
Kepala Staf Kepresiden Moeldoko memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Tjahjo Kumolo, di rumah duka, Jl Widya Chandra IV No 22, Jakarta Selatan, Jumat (1/7). (Foto: Kantor Staf Presiden)
Kepala Staf Kepresiden Moeldoko memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Tjahjo Kumolo, di rumah duka, Jl Widya Chandra IV No 22, Jakarta Selatan, Jumat (1/7). (Foto: Kantor Staf Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko ikut menyambut kedatangan jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, di rumah duka Jl Widya Chandra IV No 22, Jakarta Selatan, Jum'at (1/7).

Pada kesempatan itu, Panglima TNI 2013-2015 juga memberikan penghormatan terakhir dan mendoakan almarhum. Kepada Istri Almarhum Tjahjo Kumolo yakni Erni Guntari, Moeldoko menyampaikan belasungkawa yang mendalam.

Baca juga : Tjahjo Kumolo Wafat, Mega Instruksikan Kader Kibarkan Bendera PDIP Setengah Tiang

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Saya ikut berbelasungkawa atas wafatnya bapak Tjahjo Kumolo. Saya mendoakan beliau husnul khotimah," tutur Moeldoko.

Dia memandang, almarhum Tjahjo Kumolo adalah sosok tokoh yang selalu menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawabnya. Almarhum, ujar dia, juga telah berhasil melakukan terobosan-terobosan dalam reformasi birokrasi.

Baca juga : Relawan Mau Tekan Banteng?

"Kita semua bangsa Indonesia telah kehilangan tokoh besar, tokoh nasional. Saya sangat mengenal dekat beliau. Almarhum sosok yang concern terhadap pekerjaannya, pekerja keras, dan sangat menginginkan kualitas aparatur Indonesia berkembang," beber Moeldoko.

Ia juga mengenang almarhum Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang ramah, rendah hati, dan selalu tampil tenang dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.

Baca juga : Majoo Tawarkan Kemudahan Bikin Toko Online Gratis

"Sangat humble orangnya. Tentunya kita semua kehilangan," tambah mantan Panglima TNI ini.

Tjahjo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, pukul 11.10 WIB. Politisi PDIP itu meninggal setelah menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, sejak Juni 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.