Dark/Light Mode

Tak Lolos Semifinal, Menpora Tetap Jempolin Ronaldo Cs

Senin, 11 Juli 2022 13:30 WIB
Menpora Zainudin Amali saat menyaksikan timnas U-19. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali saat menyaksikan timnas U-19. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali tetap menaruh bangga dengan timnas U-19 besutan Pelatih Shin Tae-yong (STY) meski tak lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Ronaldo Katwh Cs mampu menang telak 5-1 atas Myanmar, namun gagal lolos ke semifinal lantaran peraturan head to head.

"Saya tetap bangga. Tim yang ada sekarang saya kira itu dimaksimalkan," ucap Menpora Amali usai menyaksikan langsung laga terakhir timnas U-19 yang ada di grup A Piala AFF U-19 melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7) malam.

Baca juga : Lewandowski Hengkang, Muenchen Disaranin Rekrut Ronaldo

Terkait strategi pelatih dan federasi, Menpora Amali tak ingin turut campur terlalu dalam. Alasannya, karena pemerintah hanya akan fokus memfasilitasi permintaan dari federasi saja.

"Pemerintah menyerahkan sepenuhnya kepada federasi keinginanya seperti apa kita fasilitasi. Pemerintah tak akan ikut turut campur terlalu dalam soal tim dan sebagainya. Tugas pemerintah hanya memfasilitasi," tambah Menpora Amali.

Menurutnya, STY masih melakukan inventarisasi pemain-pemain bukan hanya pemain yang ada saat ini saja, setelah memanggil tiga pemain naturalisasi dan kemungkinan masih akan ada lagi, menurut Menpora Amali tak masalah.

Baca juga : Ziva Magnolya Sering Dapat Inspirasi Tengah Malam

"Jadi apa yang dilakukan STY dengan telah memanggil tiga pemain naturalisasi dan masih melakukan inventarisir lagi, bagi kita tidak ada masalah," urainya.

"Kalau PSSI bisa mendapatkan tambahan naturalisasi ya syukur, kita akan dorong untuk bisa fasilitasi tapi, jangan itu menjadi gantungan harapan utama kita," pesan Menpora Amali didampingi Ketua Umum PSSI Muhamad Iriawan dan Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Sebelumnya, jalannya pertandingan Indonesia vs Myanmar, timnas U-19 lebih dulu kebobolan. Pemain Mynamar La Min Htwe yang membuka skor lebih dulu untuk Myanmar usai sepak pojok pada menit ke-7.

Baca juga : Wakili Jokowi, Menpora Akan Buka Fornas VI Di Sumsel

Sepuluh menit berselang, seperti mendapat lecutan motivasi, timnas Indonesia U-19 mampu membalas dengan skor 4-1 hingga babak pertama usai, kemudian satu gol tambahan di babak kedua.

Gol-gol itu melalui Muhammad Ferarri di menit ke-17 dan menit ke-31, Arkhan Fikri dimenit ke-25 dan Rabbani Tasnim dimenit ke-33 serta gol di babak kedua oleh Ronaldo Kwateh dimenit ke-73. 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.