Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Siapkan 34 Cabor

Ketum KONI Sumut: Persiapan PON 2024 Sudah On The Track

Kamis, 21 Juli 2022 10:53 WIB
Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis (kiri) silaturahim dengan Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, Hidayat Humaid bersama jajaran KONI DKI di Lantai 2 Markas KONI Jakarta, Rabu (20/7) malam.
Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis (kiri) silaturahim dengan Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, Hidayat Humaid bersama jajaran KONI DKI di Lantai 2 Markas KONI Jakarta, Rabu (20/7) malam.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) John Ismadi Lubis memastikan persiapan pembangunan fasilitas olahraga  Pekan Olahraga Nasional (PON)  XXI yang akan berlangsung pada tahun 2024  sudah sesuai rencana atau on the track. 

"Persiapan Sumut menuju PON 2024 sudah on the track. Beberapa venue sport center sudah mulai ditenderkan dan dibangun,” kata John usai pertemuan dengan Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, Hidayat Humaid bersama pengurus KONI DKI di Lantai 2 Markas KONI Jakarta, Rabu (20/7) malam.   

Ia mencontohkan, pembangunan stadion sport center di Desa Sena, Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang seluas 300 hektar.

Kemudian, dilanjutkan stadion Madiang Atletik, Gedung Martial Art untuk enam gedung dan boling sudah ditenderkan.

Baca juga : Segera Diterapkan Kemenkeu, BKI Dukung Penerapan Pajak Karbon

"Ada 34 cabor akan bertanding di Sumut dan 33 dari Aceh. Makanya, kita fokus membangun sport center seluas 300 ha untuk menyukseskan PON 2024. Tahun depan pembangunan stadion utama akan didahulukan oleh Kementerian PUPR. Satu di Sumut dan satu lagi di Aceh,”ungkapnya. 

Selain stadion utama, lanjut Jhon, revitalisasi gedung gedung untuk fasilitas olahraga juga akan dilakukan di tahun depan. Artinya, semua sudah sesuai rencana. 

"Kalau untuk tempat perlaksanaan PON itu Pak Gubernur yang menentukan. Untuk cabang olahraga kewenangan KONI Pusat. Sedangkan untuk nomor nomor baru dilakukan secara bersama sama antara KONI Pusat, tuan rumah dan Pengurus Besar cabor,” terangnya.

John juga memastikan tidak akan menyusahkan para peserta yang ikut dalam perhelatan PON XXI Di Sumut pada 2024 mendatang. 

Baca juga : KPU Resah Nih, Persiapan Pemilu 2024 Sudah Mepet

'Rencananya ada sekitar 7-8 Kabupaten yang akan ikut PON XXI di Kota Medan. Jarak tempuhnya dari Kota Medan sekitar 1 jam. Kita tidak mau menyusahkan peserta sampai jauh jauh ke lokasi,” ucapnya.

Sementara Ketua Umum KONI DKI, Hidayat Humaid mengapresiasi persiapan KONI Sumut dalam menyukseskan PON XXI pada 2024 mendatang.

"Kami siap mendukung dan membantu KONI Sumut sebagai tuan rumah agar PON berjalan sesuai jadwal dan mengawal para atlet berprestasi menuju  ke pentas dunia," tandasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memperkirakan perlu Rp 3 triliun untuk melakukan perencanaan, pembangunan stadion baru dan perbaikan venue eksisting di PON XXI tahun 2024.

Baca juga : Ketum KONI Pusat: Pembinaan Olahraga Harus Bertahap Dan Berkelanjutan

Perinciannya, biaya untuk perencanaan pembangunan sebesar Rp 8,1 miliar, pembangunan stadion utama sebesar Rp 1,3 triliun, pembangunan venue baru sebesar Rp 1,1 triliun dan perbaikan venue sebesar Rp 500 miliar. ■  


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.