Dark/Light Mode

Piala AFF U-16, Ketajaman Garuda Muda Belum Terasah

Selasa, 2 Agustus 2022 08:32 WIB
Para pemain timnas U-16 di ajang Piala AFF. (Foto : PSSI)
Para pemain timnas U-16 di ajang Piala AFF. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas U-1 6 Indonesia Bima Sakti mengungkapkan, ada beberapa poin yang harus dibenahi untuk laga kedua dan ketiga. Menurutnya, banyak peluang yang tidak gol, sehingga harus dievaluasi.

“Masih ada waktu dua hari untuk evaluasi, kemudian pemulihan pemain. Sebenarnya sayang, masih banyak peluang yang kami dapatkan beberapa kali, tapi tak terjadi gol. Itu seharusnya bisa diperbaiki,” katanya, usai laga.

Garuda Asia menaklukkan Filipina dengan skor telak 2-0. Gol pertama justru datang dari kesalahan pemain gelandang lawan yang bernama Jared Alexander Reyes Pena di menit ke-4’. Indonesia baru bisa mencetak gol kedua pada menit ke-38’.

Baca juga : Piala AFF U-16, Bima Sakti Genjot Fisik Pemain

Pencetak gol Arkhan Kaka Putra Purwanto dengan cerdik memanfaatkan umpan yang diberikan Habil Abdillah dari sisi kiri untuk dijadikan gol. Menurutnya, ini hasil yang cukup memuaskan pemain. Ini semua baru pertama kali main di level internasional. Pihaknya bersyukur atas kemenangan 2-0 ini.

“Kita mulai instruksikan kepada pemain, di babak kedua untuk lebih tenang. Agar tak cepat hilang bola. Memanfaatkan setiap peluang. Tapi memang, Filipina bukan tim jelek. Mereka bagus, di babak kedua kami tak bisa manfaatkan peluang,” ujarnya.

Pelatih Filipina Christopher Edim Pedimonte mengatakan, pada babak pertama, pemainnya sedikit gugup. Sebab, dua tahun tanpa sepak bola karena aturan pandemi di negaranya.

Baca juga : Singo Edan Menang, Gian Zola: Perjuangan Belum Selesai

“Jadi setelah dua tahun, ini laga internasional pertama bagi para pemain, jadi gugupnya mereka masih bisa saya dimaklumi,” jelasnya.

Positifnya, pihaknya lebih baik pada babak kedua. Pihaknya punya beberapa peluang di awal. “Kami akan berkembang dari sini. Kami berusaha lebih baik laga kedua,” ujarnya. Laga berikutnya, Indonesia akan melawan Singapura pada 3 Agustus 2022 di Stadion Maguwoharjo.

Sedangkan Filipina akan melawan Vietnam di Stadion Sultan Agung, Bantul. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.