Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Persebaya Punya Bukti Buruknya Kinerja Wasit Liga 1

Selasa, 16 Agustus 2022 09:38 WIB
Pemain Persebaya protes atas keputusan wasit di ajang Liga 1. (Foto : Ist)
Pemain Persebaya protes atas keputusan wasit di ajang Liga 1. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manajemen Persebaya siap membutikan kesalahan wasit Liga 1 pada laga Persebaya melawan Madura United Minggu di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Minggu (14/8).

”Kami sudah memiliki rekaman detail, publik juga sudah melihat di tayangan langsung maupun potongan video yang saat ini sudah viral,” kata Manajer Persebaya Yahya Alkatiri.

Laga lawan Madura United berakhir dengan skor 2-2. Gol Persebaya sempat dianulir wasit karena dianggap ada pelanggaran.

Baca juga : Lestari: Kegiatan Pramuka Bentuk Generasi Muda Tangguh

”Gol Silvio clear, Lelis dengan bek Madura juga 50:50 berebut posisi, tidak ada pelanggaran, bersih masuk, tapi dianulir oleh wasit tengah (Mansyur),” lanjutnya.

Kesalahan yang tidak kalah fatal, adalah proses terjadinya gol pertama Madura United. Gol itu berawal dari serangan balik Madura United. Sebelumnya, Persebaya dalam posisi menyerang.

Saat Persebaya menyerang, asisten wasit (AW) 2 Sudarmono, yang berada di depan tribun sisi timur, mengangkat bendera, cukup lama, ia menilai bola sudah keluar. Namun, wasit tengah Mansyur tidak mengindahkan hal itu. Bola dinyatakan hidup, pemain Persebaya terpengaruh oleh kibasan bendera AW 2. Sehingga Luiz ”Lulinha” Marcelo Morais bebas melepaskan tembakan untuk mencetak gol.

Baca juga : Perbaikan Lingkungan Butuh Peran Swasta

”Saya tidak habis pikir wasit tengah tidak melihat AW 2 mengangkat bendera, bukankah wasit dilengkapi sistem komunikasi sehingga bisa saling mengingatkan dalam memimpin pertandingan. Kami sudah mengirimkan surat ke Ketua Umum PSSI dan komite wasit terkait permasalahan ini,” kecam Yahya.

Itu itu, Persebaya mengajukan prores dengan mengirim surat tuntutan ke PSSI. Ia inginagar kinerja wasit dievaluasi tidak akan mengubah hasil pertandingan.

Namun, Persebaya melakukan itu demi perbaikan kinerja wasit ke depan. Liga 1 2022/2023 sudah menyelesaikan pekan keempat, namun setiap pekan selalu terjadi keputusan kontroversial yang menentukan hasil akhir pertandingan. 

Baca juga : Presiden Minta Polri Usut Tuntas, Buka Apa Adanya Kasus Brigadir J

”Persebaya sangat dirugikan, sepak bola Indonesia secara umum juga sangat dirugikan, paceklik gelar timnas senior puluhan tahun salah satunya disebabkan masalah wasit liga yang buruk seperti ini,” tutup Yahya. 

Persebaya menuntut PSSI untuk mengumumkan secara terbuka evaluasi kepada wasit Mansyur maupun wasit lain ke publik. Agar tidak berkembang perasaan tidak baik ke PSSI dan wasit yang selama ini berkembang luas. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.