Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perbaikan Lingkungan Butuh Peran Swasta

Kamis, 4 Agustus 2022 16:14 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Isu lingkungan semakin menguat di berbagai negara. Sekretaris Jenderal PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), António Guterres, menyatakan dunia sedang berada pada ‘fast track' menuju bencana iklim.

Salah satunya ditandai dengan pemanasan global lebih dari dua kali lipat batas 1,5 derajat Celcius yang disepakati di Perjanjian Paris.

Proses industrialisasi yang terus berlangsung sejak pertengahan abad 18 hingga mulai menunjukkan efek sampingnya terhadap lingkungan.

Direktorat Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM Andriah Feby Misna mengatakan, perubahan iklim yang terjadi adalah akibat campur tangan manusia.

Baca juga : Bedakan Level Menteri Dengan Orang Awam

Namun, manusia juga yang bisa memperbaiki dan kembali melestarikan kondisi lingkungan. Oleh karena itu, upaya pengembangan ekonomi dan juga teknologi harus dibarengi dengan pelestarian dan juga pemulihan alam. Salah satunya dengan melibatkan peran swasta.

"Upaya membangun energi berkelanjutan dengan tiga dimensi, pertama dengan Energy Security, yaitu memastikan pasokan energi dengan memanfaatkan sumber energi setempat sehingga ketahanan dan majuan energi bisa terwujud. Dimensi kedua, dengan Energy Equity memastikan masyarakat dapat mengakses energi secara mudah dengan harga terjangkau," tuturnya dalam keterangannya di acara Corporate Green Commitment Award 2022, dikutip Kamis (4/ 8).

Dimensi ketiga adalah dimensi Environmental Sustainability untuk memastikan penyediaan energi yang ramah lingkungan juga berkelanjutan.

Caranya, dengan mendorong pembangunan infrastruktur energi terbarukan dan sumber energi rendah karbon lainnya. "Serta meningkatkan upaya efisiensi energi baik supply maupun demand," imbuhnya.

Baca juga : Perang Di Sana Perang Di Sini

Di sisi lain, kelestarian lingkungan secara spesifik memiliki dampak terhadap perempuan. Pasalnya, perempuan lebih rentan menjadi korban atas kehilangan sumber daya.

Kondisi ini memisahkan perempuan dengan ruang ekonomi, merendahkan daya tawar dalam masyarakat, sehingga menimbulkan kontraproduktif dengan isu pemberdayaan perempuan.

Sebagai media yang fokus pada isu wanita, HerStory berupaya untuk turut berkontribusi melestarikan lingkungan. Dengan memberikan apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen hijau terhadap lingkungan lewat E-Awarding bertajuk Corporate Green Commitment Awards 2022: Ideal Environment, Equal Civilization.

Berdasarkan data, iklim Bumi terus berubah secara signifikan. Periode Global Warming saat ini terjadi lebih cepat daripada sebelumnya. Artinya, kehidupan modern manusia yang banyak melepaskan gas rumah kaca menjadi penyebab sebagian besar Global Warming.

Baca juga : Kemampuan Literasi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

"Gas rumah kaca dihasilkan melalui pembakaran bahan bakar fosil, pertanian, dan penggunaan lahan serta kegiatan lainnya yang mendorong perubahan iklim," ujar Pemimpin Redaksi HerStory.co.id Clara Aprilia Sukandar.

Berdasarkan data, dari komposisi gas rumah kaca yang paling banyak menyumbang sepanjang 10 tahun antara tahun 1990 sampai 2019 adalah karbondioksida dari bahan bakar fosil dan industri.

Penyedia energi di Indonesia masih di dominasi oleh fosil, yaitu minyak, gas dan batu bara. Salah satu dampak dari penggunaan ini adalah pemanasan global.

Hal ini makin diperparah dengan adanya pandemi Covid-19 dan perang antara Rusia Ukraina berdampak terhadap sektor energi terkait harga bahan bakar fosil.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.