Dark/Light Mode

ASG 2019, Indonesia Salip Thailand

Minggu, 21 Juli 2019 05:51 WIB
Chef de Mission Kontingen Indonesia Yayan Rubaeni (kiri) usai pengalungan medali. (Foto : Kemenpora)
Chef de Mission Kontingen Indonesia Yayan Rubaeni (kiri) usai pengalungan medali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia berhasil menyalip Thailand di puncak klasemen perolehan medali di hari kedua ASEAN School Games (ASG) 2019 yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah.

Hingga Sabtu (20/7), Indonesia sukses mengalahkan Thailand dengan tambahan tujuh medali emas di hari kedua ASG 2019. Tambahan tujuh medali emas membuat Indonesia kini mengoleksi 13 emas, delapan perak, dan sepuluh perunggu hingga hari kedua. 

Thailand turun ke posisi dua klasemen sementara setelah hanya mampu merebut lima medali emas di hari kedua. Total, Thailand memiliki 11 medali emas, 12 perak, dan 11 perunggu. Di posisi ketiga ada Malaysia dengan delapan emas, sepuluh perak, dan lima perunggu.

Baca juga : Hari Ini, 13 Wakil Indonesia Siap Tempur

Peningkatan medali emas diperoleh dari Cabang olahraga atletik yang kembali sukses menyumbangkan medali emas pada hari kedua penyelenggaraan Asean School Games 2019. Total ada 3 medali emas 1 perak dan 1 perunggu pada ajang yang digelar di Stadion Tri Lomba Juang, Mugas, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/7).

Medali emas masing-masing diraih melalui nomor lari 100 meter putri, lari 100 meter putra, dan tolak peluru putri, medali perak dari nomor lari 4x400 meter mix putra putri dan medali perunggu dari nomor lari 100 meter putra.

Perolehan ini menurut Chef de Mission Kontingen Indonesia Yayan Rubaeni adalah hampir mencapai target yang telah di tetapkan. "Alhamdulillah atletik dapat menyumbangkan medali emas yang sama seperti hari sebelumnya yakni tiga medali emas dan ini sudah hampir 80% dari target yang ditetapkan," katanya usai pengalungan medali di Stadion Mugas, Sabtu (20/7) sore.

Baca juga : Sambut Jemaah Haji Indonesia, Pangeran Saudi Diciumin

Cabor atletik memang di targetkan untuk meraih medali minimal 8 medali emas, meski demikian pihaknya tetap optimis mampu meraih bahkan melebihi target.

"Hari kedua ini kita sudah raih 6 emas dari target 8 minimal medali emas, kita optimis bisa capai terget bahkan semoga beberapa nomor yang diprediksi perak bisa menjadi emas," tambahnya.

"Sebenarnya tugas anak-anak ini dari kami adalah mereka hanya menampilkan yang terbaik masalah menang, kalah dapat emas dapat waktu berapa adalah hal lain, kita masih optimis kontingen Indonesia masih dalam keadaan baik dan semangat yang luar biasa semoga esok bisa melebihi target," harapnya.

Baca juga : Wastra Indonesia Meriahkan Pekan Mode Roma

Dengan hasil ini Indonesia berhasil menjadi pemimpin klasemen sementara dengan 13 emas disusul Thailand dengan 10 emas. "Semoga esok perolehan emas terus bertambah karena beberapa cabor sudah mulai final seperti tenis, sepak takraw, pencak silat dan lainnya," tutup Yayan. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.