Dark/Light Mode

Chess Festival 2022 Resmi Ditutup, Ketum: Kompetisi Bisa Cetak Atlet Dunia

Kamis, 15 September 2022 09:29 WIB
Penutupan Kompetisi Catur 2022, Rabu (14/9). (Foto: Istimewa)
Penutupan Kompetisi Catur 2022, Rabu (14/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Chess Festival 2022 resmi ditutup Wakil Ketua Umum IV Percasi Yulius Selvanus yang menutup acara yang berlangsung di Gedung Serba Guna, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9).

Yulius berpesan agar para juara tidak cepat puas. "Jangan cepat puas dan selalu berlatih. Terutama untuk peserta yang masih muda," ujarnya.

Ia  juga berharap Japfa Chess Festival bisa mencetak atlet-atlet kelas dunia.

Baca juga : Japfa Chess Festival 2022, Pecatur Ervan Tetap Jaga Peluang Lawan Wakil Filipina

Ketua Penyelenggara Japfa Chess Festival 2022, Hendri Hendratno mengaku puas dari sisi penyelenggaraan. Namun, di sisi lain ia menyayangkan dari sisi prestasi terutama dalam kategori Dwi Tarung para pecatur Indonesia gagal meraih kemenangan.

"Dari segi penyelenggaraan berjalan lancar. Namun, sayangnya prestasi pecatur kita belum maksimal, " papar Hendri.

Ia mengatakan, kegagalan ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kemajuan prestasi kedua pecatur itu.

Baca juga : Utut Adianto: Latihan Dan Evaluasi Modal Penting Sukses Turnamen

Kekalahan dialami, Pecatur Indonesia IM Mohamad Ervan vs GM Laylo Darwin (Filipina) dan pecatur putri IM Medina Warda Aulia kontra WMG Gong Qianyun (Singapura) dalam laga itu Adapun di Japfa Chess Festival kali ini, terdapat dua laga dwi tarung antara dua pecatur Indonesia dengan dua pecatur asing.

Di sektor putra, Indonesia mengandalkan IM Mohamad Ervan yang melawan pecatur asal Filipina GM Darwin Laylo. Sementara di sektor putri, ada IM Medina Warda Aulia melawan WMG Gong Qianyun (Singapura). Laylo berhasil menang atas Ervan setelah sempat seri 3-3.

Ervan mengakui keunggulan lawannya itu di sesi catur cepat setelah kalah 0-2. Kemudian Medina juga takluk di tangan Qianyun dengan skor 2,5-3,5.

Baca juga : Putri DKI Sabet Emas Renang Astistik Beregu

Baik Ervan dan Medina mengatakan mereka harus mengevaluasi langkah pembuka mereka.

Selain dua laga spesial itu, Japfa Chess Festival juga melombakal 10 kategori lainnya, yakni Kejuaraan Senior Putra/Terbuka, Kejuaraan Senior Putri, Kejuaraan Veteran Usia > 55 tahun, Kejuaraan Putra/Putri U-18, Putra/Putri U-14, Putra/Putri U-10, Kejuaraan Beregu antarinstansi, dan Kejuaraan Senior serta antarwasit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.