Dark/Light Mode

Indonesia vs Curacao

Ujian Naik Kelas

Sabtu, 24 September 2022 07:00 WIB
Timnas Indonesia. (Foto: Dok. PSSI).
Timnas Indonesia. (Foto: Dok. PSSI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menjamu Curacao pada laga FIFA matchday di Stadion Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, malam ini. Tim Garuda wajib memanfaatkan momen tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong (STY) mengaku masih buta kekuatan calon lawannya. “Jujur saya tidak tahu tentang Curacao. Kami akan analisa tentang tim seperti apa dan bagaimana taktiknya,” ucapnya.

Meski tidak terlalu terkenal dalam kancah sepak bola dunia, Curacao yang merupakan negara dari Kepulauan Karibia tidak bisa dianggap enteng oleh Timnas Indonesia.

Curacao saat ini tercatat berada di posisi ke-84 dalam ranking FIFA per 25 Agustus 2022. Negara Kepulauan Karibia itu mengoleksi poin 1293,35. Armada Remko Bicentini itu masih lebih baik dari sejumlah negara menengah di Asia seperti Bahrain, Yordania, hingga Suriah.

Baca juga : Macan Kemayoran Latihan Ekstra Hadapi Persib

Perbedaan posisi Curacao dengan Timnas Indonesia sangat jauh. Skuad Garuda bercokol di urutan ke-155 ranking FIFA dengan 1019.19 poin. Berarti, Timnas Indonesia terpaut 71 tangga dari Curacao dalam pemeringkatan anggota FIFA.

Meski kalah jauh, STY tidak minder. Ia tetap optimistis membawa skuad Garuda meraih kemenangan. “Sampai saat ini ranking FIFA Indonesia itu 155 dan Curacao 84. Memang sangat tinggi ranking FIFA lawan kita besok,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga Timnas Indonesia vs Curacao.

“Namun, itu (perbedaan ranking FIFA yang jauh) bukan masalah. Saya akan tetap mempersiapkan tim ini dengan baik,” lanjut Shin Tae-yong.

STY menyertakan enam pemain yang merumput di luar negeri, termasuk Elkan Baggott (Gillingham FC) dan Witan Sulaeman (AS Trencin).

Baca juga : Bek Persebaya Asal Brazil Ini Nggak Sabar Hadapi Arema

Elkan mengatakan, kemenangan menjadi target Indonesia yang akan dua kali bertemu dengan Curacao. Keduanya harus bisa dimenangkan oleh Skuad Garuda.

Karena dengan kemenangan, ranking FIFA Indonesia akan meningkat. Keseriusan untuk meraih kemenangan diutarakan pemain berusia 19 tahun itu untuk tampil di laga pada 24 dan 27 September 2022.

“Target saya tentu saja memenangkan pertandingan. Memenangkan kedua pertemuan dengan Curacao,” tegas Elkan.

“Yang nantinya itu bisa meningkatkan peringkat FIFA Indonesia. Itulah target utama dari kami,” imbuhnya.

Baca juga : Javier Roca Genjot Fisik Skuad Singo Edan

Sementara itu, pelatih asal Curacao, Remko Bicentini menyebut para pemainnya sudah siap tempur menghadapi Timnas Indonesia. Ia memastikan stamina para pemainnya dalam kondisi baik dan siap bertanding besok.

Perjalan panjang dari Curacao ke Indonesia tak menjadi kendala bagi timnya. Bahkan usai sampai di Indonesia, tim sudah mencoba latihan di lapangan sepak bola di Jakarta. “Tidak ada masalah dengan jet lag, kita memastikan tim siap, stamina baik,” tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.