Dark/Light Mode

Top, KONI DKI Beri Pelindungan BPJS Kepada Atlet PON XXI Jakarta

Sabtu, 1 Oktober 2022 10:25 WIB
Penyerahan CSR BPJS Ketenagakerjaan dari RS EMC Pulomas dan RS EMC Sentul untuk perlindungan atlet Pelatda PON DKI Jakarta idi Gedung KONI DKI Jakarta, Jumat (30/9).
Penyerahan CSR BPJS Ketenagakerjaan dari RS EMC Pulomas dan RS EMC Sentul untuk perlindungan atlet Pelatda PON DKI Jakarta idi Gedung KONI DKI Jakarta, Jumat (30/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Provinsi Jakarta, terus melakukan terobosan baru dalam pembinaan atlet Jakarta menuju pentas dunia. 

Salah satunya, pelindungan kesehatan. Di mana atlet Pelatda Pekan Olahaga Nasional (PON) DKI Jakarta, yang akan bertanding di PON XXI Aceh–Sumatera Utara (Sumut) pada 2024 nanti, akan mendapatkan pelindungan kesehatan dari BPJS Ketenagakerjaan

Perlindungan kesehatan itu adalah dalam bentuk jaminan biaya perawatan jika terjadi cedera pada atlet saat menjalani latihan. Mereka akan ditanggung dengan dana Corporate Social Responsibility (CSR) BPJS Ketenagakerjaan dengan rujukan Rumah Sakit EMC Pulomas dan RS EMC Sentul.

Penyerahan CSR BPJS Ketenagakerjaan dari RS EMC Pulomas dan RS EMC Sentul untuk perlindungan atlet Pelatda PON DKI Jakarta itu berlangsung di Gedung KONI DKI Jakarta, Jumat (30/9).

Baca juga : Menko PMK Berikan Bantuan Kemanusiaan Kepada Pakistan

Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI DKI Provinsi Jakarta, Hidayat Humaid menyambut baik kerja sama dengan RS EMC Pulomas dan RS EMC Sentul untuk perlindungan atlet Pelatda PON DKI.

Ia menyampaikan, bahwa atlet memang perlu mendapat perlindungan dalam kegiatannya berlatih. Pasalnya, atlet itu adalah salah satu tokoh masyarakat yang dapat mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

“Dengan adanya jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan, maka atlet akan lebih nyaman berlatih. Mereka tidak perlu takut cedera karena sudah ada yang menanggung biasa perawatan jika cedera saat latihan,” ujar Hidayat dalam keterangannya, Sabtu (1/10).

Sementara Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta BPJS Ketenagakerjaan, Eko Nugriyanto berharap atlet DKI Jakarta mampu berprestasi di ajang internasional. 

Baca juga : APTISI Wilayah III DKI Beri Pandangan Atas Isu-isu Pendidikan Terkini

Ia  juga tidak mengharapkan banyak atlet yang cedera dalam latihan karena itu akan mengganggu persiapan PON.

“Ini bukan karena kita tidak mau keluar biaya banyak, tapi semakin tidak ada yang cedera itu akan semakin baik. Dan, untuk berjaga-jaga kita memberi perlindungan bagi mereka yang mengikuti Pelatda,” katanya.

Dijelaskan, BPJS Ketenagakerjaan bukan asuransi melainkan perlindungan sosial terhadap tenaga kerja. Dalam hal ini, atlet pun pekerja dalam latihan.

“Pelindungan kesehatan ini sejalan dengan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Keolahragaan Nasional untuk memberi perlindungan kepada atlet,” tutupnya.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Prestasi Atlet Golf Indonesia

Turut hadir pada perlindungan atlet Pelatda PON DKI Jakarta, Wakil Ketua Umum II, Gde Sardjana, dan sejumlah pengurus lainnya.

Sementara dari BPJS Ketenagakerjaan hadir oleh Direktur RS EMC Pulomas dr Julia Sutandar, Vice President sales and marketing EMC Group Dave Tilaar, Head of Sales RS EMC Pulomas Andrian Ronald Yudistira, Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta BPJS Ketenagakerjaan Eko Nugriyanto, Zayn selaku Direktur Wilayah DKI Jakarta BPJS Ketenagakerjaan, dan sejumlah pejabat lainnya.■


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.