Dark/Light Mode

Insiden Kanjuruhan

Turut Berduka, Ketum Asosiasi Bola Tangan Minta Suporter Jaga Sportivitas

Minggu, 2 Oktober 2022 18:55 WIB
Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar. (Foto : Ist)
Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar turut berduka cita dengan insiden Liga 1 usai pertandingan Arema FC Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

"Kami berduka sekaligus meyayangkan peristiwa yang seharusnya tidak boleh terjadi,," kata  Zulfydar dalam keterangan tertulisnya.

Zulfydar yang juga Sekretaris DPW PAN Kalbar ini mengatakan, insiden maut ini menjadi preseden buruk bagi dunia olahraga sepakbola nasional di mata dunia.

Baca juga : Menpora: Edukasi Ke Suporter Harus Lebih Masif

Situasi ini terbalik dengan upaya Ketua Umum PSSI Iriawan yang telah memberikan contoh tentang prestasi sepak bola Indonesia di internasional dengan kompak dan meningkatkan semangat kebersamaan dan rasa kesatuan, persatuan.

"Tentunya ini akan merugikan seluruh pihak, bukan hanya para pecinta sepakbola indonesia, namun akan berdampak pada kesejahteraan pemain sepakbola," ujarnya.

Zulfydar berharap, atas kejadian itu masyarakat tetap tenang dan tidak berspekulasi, sebelum adanya informasi resmi dari pihak keamanan yang memiliki kewenangan melakukan penyelidikan.

Baca juga : Angklung Dan Tari Tradisional Goyang Bahrain Summer Festival

"Semua permasalahan yang terjadi kita tunggu hasil kerja penyelidikan kepolisian. Jangan sampai kecepatan isu lebih cepat diterima oleh masyarkat dari pada informasi resmi dan dapat membuat suasana menjadi tidak baik," katanya.

Ia berharap kerusuhan tidak terulang di seluruh cabang olahraga. Diharapkan juga semua pihak yang mempunyai kepentingan dapat mengevaluasi, mengurai, mengantisipasi dan menerapkan standar operasional yang ada.

"Bermain untuk mengejar kemenangan dan sedikit ada benturan fisik di tengah lapangan itu biasa. Namun bagaimana semua pihak bersikap dewasa untuk menjunjung asas sportifitas dengan baik," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.