Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Angklung Dan Tari Tradisional Goyang Bahrain Summer Festival

Kamis, 28 Juli 2022 21:20 WIB
Pertunjukan Tari Kipas (Sulawesi Selatan) di Bahrain Summer Festival. (Foto RM/KBRI Manama)
Pertunjukan Tari Kipas (Sulawesi Selatan) di Bahrain Summer Festival. (Foto RM/KBRI Manama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alunan berbagai lagu tradisional dan ragam tarian dari sejumlah daerah di Indonesia mengguncang panggung pertunjukan  Bahrain Summer Festival (BSF) 2022, di Bahrain Cultural Hall yang terletak di pusat Kota Manama, Ibu Kota Bahrain.

Pertunjukan kesenian dan budaya Indonesia tersebut diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manama (KBRI Manama) pada 25 Juli 2022. 

Pertunjukan Tari Pendet dari Bali dalam acara Bahrain Summer Festival. (Foto RM/KBRI Manama)

Dalam kesempatan itu, KBRI Manama bersama dengan masyarakat dan diaspora Indonesia yang ada di Bahrain berkolaborasi menampilkan sekurangnya 12 tarian dan lagu daerah dengan iringan alat musik angklung.

Baca juga : Hari Anak Nasional, Anak Ini Bermain Sulap Dengan Jokowi

Sebanyak lebih dari 600 tamu undangan yang hadir tampak terkesima dan tidak dapat mengalihkan pandangannya dari panggung selama sekitar 90 menit pertunjukan berlangsung. Turut hadir sebagai tamu kehormatan (guest of honor) adalah Menteri Pariwisata Kerajaan Bahrain, Fatima Al Sairafi.

“Seni dan budaya merupakan salah satu instrumen yang paling efektif dalam meningkatkan people to people contact antar negara dan bangsa,” ucap Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Kerajaan Bahrain, Ardi Hermawan, pada sambutannya.

Ditambahkan Dubes Ardi Hermawan, rangkaian kegiatan festival dan pertunjukan kebudayaan seperti BSF merupakan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan potensi budaya dan pariwisata.

Pertunjukan angklung di Bahrain Summer Festival. (Foto RM/KBRI Manama)

"Melalui rangkaian pertunjukan tari serta musik tradisional Indonesia, masyarakat Bahrain diharapkan dapat semakin mengenal keindahan ragam budaya serta potensi pariwisata Indonesia," imbuhnya. 

Baca juga : Rayakan Hari Anak Nasional, Ini 4 Ide Kegiatan Seru Bersama Keluarga

Sejumlah tari daerah yang ditampilkan antara lain Tari Pendet (Bali), Tari Piring (Sumatera Barat), dan Tari Kipas (Sulawesi Selatan). Adapun lagu yang dimainkan dengan alat musik angklung tidak hanya lagu daerah dari Indonesia seperti Manuk Dadali (Jawa Barat) dan Ayam Den Lapeh (Sumatera Barat).

Pertujukan Tari Piring (Sumatera Barat) di Bahrain Summer Festival. (RM/KBRI Manama)

Ada juga lagu-lagu pop Barat dan juga Timur Tengah yang terkenal. Yakni Sugar (dipopulerkan Maroon 5), I Have a Dream (dipopulerkan ABBA), Ya Tabtab (dipopulerkan Nancy Ajram), dan Kun Anta (dipopulerkan  Humood Alkhudher). Rangkaian pertunjukan ditutup flash mob Poco Poco bersama dengan seluruh penonton.

BSF merupakan ajang promosi budaya dan pariwisata tahunan Pemerintah Kerajaan Bahrain yang diselenggarakan pada setiap musim panas (summer) (Juli atau Agustus). Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada 2008. Pada tahun ini merupakan edisi yang ke-14 yang berlangsung pada 11-31 Juli 2022.

Format kegiatan berupa festival budaya yang berlangsung setiap harinya dengan agenda rangkaian penampilan, pertunjukan, dan workshop seni.

Baca juga : Cek Foto Dan Video Kondisi Brigadir J, Komnas HAM Gandeng Tim Forensik

Budaya dan kesenian yang ditampilkan tidak hanya berasal dari Bahrain atau Timur Tengah, tetapi juga mancanegara bekerja sama dengan berbagai perwakilan negara asing yang ada di Bahrain.

Dubes RI untuk Kerajaan Bahrain Ardi Hermawan (tengah) bersama para tamu yang menyaksikan pertunjukan kesenian dan budaya Indonesia di Bahrain Cultural Hall, Manama. (Foto RM/KBRI Manama)

Indonesia (KBRI Manama) merupakan salah satu perwakilan negara asing yang senantiasa aktif berpartisipasi setiap tahunnya sejak BSF edisi ke-6 di tahun 2014. Keterangan pers KBRI Manama menyebut, pertunjukan (partisipasi) Indonesia menjadi salah satu agenda yang selalu dinantikan dan senantiasa mendapatkan respon positif dalam setiap pelaksanaan BSF.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.