Dark/Light Mode

Cabor Barebow Ngarep Dipertandingan Di PON

Minggu, 23 Oktober 2022 16:45 WIB
Para komunitas atlet Bebro saat bertanding. (Foto : Ist)
Para komunitas atlet Bebro saat bertanding. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berangkat dari sekadar menyalurkan hobi berolahraga panahan tradisonal, Komunitas Barebow berharap agar nomor ini bisa dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional(PON). 

Barebow merupakan salah satu nomor cabang olahraga panahan tanpa menggunakan asesoris seperti nomor Standar dan Recurve . 

Namun, nomor Barebow saat ini banyak digandrungi.Komunitas panahan Barebow telah berkembang pesat terutama di wilayah Jabodetabek

Komunitas ini kerap melakukan Latihan Bersama (Latber) untuk mempertajam kemampuan mereka dalam membidik busur panah. 

Baca juga : Jokowi Temui Presiden FIFA Bahas Standar Pertandingan Piala Dunia U-20

Seperti halnya, Komunitas Barebow Chapter Bekasi yang memiliki anggota yang jumlahnya ratusan atlet. 

"Dulu sebelum Pandemi Covid-19 kami kerap menggelar  kegiatan Latihan Bersama. Sekarang ini setelah adanya pelonggaran PPKM, kembali kami pun aktif menggelar Latber, " papar Uskar Satrya Erwinsyah, Ketua Barebow Chapter Bekasi. 

Ia juga menjelaskan, soal jenis nomor panahan Barebow "Sebenarnya, Barebow ini adalah basic dari olahraga panahan. Penggiatnya, rata-rata orang tua. Tapi, kami juga fokus membina atlet-atlet muda usia sekolah, " katanya. 

Menurutnya, ia berharap agar kedepannya nomor Barebow  ini bisa dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Nasional(PON). 

Baca juga : Lesti Cabut Laporannya, Billar Tetap Ditahan

"Saya berharap agar Barebow bisa dipertandingkan di ajang PON, karena pada PON I Di Solo, nomor tradisonal dipertandingkan. Rencananya, kedepan di kawasan Asia Tenggara juga akan dipertandingkan. Pasalnya, di kawasan ini jumlah atlet pun sudah menjamur, " tandasnya. 

Untuk mematangkan persiapan itu, Berbo Chapter Bekasi menggelar mini kompetisi dengan mempertandingkan Berbo jarak 50m dan 20m putra-putri di The Hub Equestrian and Archery Coffee, Cibubur, Minggu(23/10). 

"Kompetisi ini diikuti 76 peserta putra-putri untuk jarak 50m dan 76 peserta putra-putri jarak 20m, " paparnya. 

Terpisah, salah coach panahan, Andika mengatakan, bahwa The Hub Equestrian and Archery Coffee memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk olahraga panahan. Ia berharap, agar para orang tua yang memiliki hobi panahan agar membawa serta putra-putri ya untuk berlatih di tempat ini. 

Baca juga : Gantung Raket, Fedex Disaranin Jadi Pelatih

"Di sini juga terdapat fasilitas bagi para penggiat panahan Berbo baik untuk pemula yang ingin berprestasi, " ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.