Dark/Light Mode

Persatuan Olahraga BIN (PORBIN) Terbentuk

Harumkan Bangsa Di Dunia Internasional

Jumat, 28 Oktober 2022 07:38 WIB
Kepala BIN Budi Gunawan menyapa atlet saat peluncuran PROBIN, di Kampus STIN Sentul, Kamis (27/10). (Foto: Dok. BIN)
Kepala BIN Budi Gunawan menyapa atlet saat peluncuran PROBIN, di Kampus STIN Sentul, Kamis (27/10). (Foto: Dok. BIN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak banyak diungkap, Badan Intelijen Negara (BIN) ternyata memiliki klub-klub olahraga profesional. Sejumlah atlet dan pelatih nasional bergabung di dalamnya. Para talenta berbakat yang merupakan taruna-taruni (mahasiswa) Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) mendapatkan kesempatan mengembangkan diri di olahraga prestasi.

Sejauh ini, sudah ada delapan klub olahraga yang berkembang di lingkungan BIN, lengkap dengan fasilitas berkelas profesional. Delapan klub ini untuk cabang atletik, angkat besi, renang, tenis, voli, menembak, e-sport, dan tarung derajat. Semua ini karena kegandrungan Kepala BIN Jend Pol (Purn) Budi Gunawan melihat talenta muda BIN mengukir prestasi demi mengharumkan nama Bangsa.

Ada 81 atlet senior dan junior yang kini dibina di lingkungan BIN. Di antaranya 23 atlet voli putri yang berhasil meraih emas di Divisi I dan berhak naik ke liga utama. 14 atlet atletik, 6 atlet angkat besi, 5 atlet renang, 9 atlet Tarung Derajat. Banyak yang  telah menorehkan prestasi di ajang nasional dan internasional.

Baca juga : Pemerintah Mau Bebaskan Laut Indonesia Dari Sampah Plastik

“Menjadi prajurit perang pikiran yang tangguh dan menggeluti olahraga prestasi adalah dua hal yang senafas. Pengembangan olahraga di lingkungan BIN akan membantu upaya kita mengembangkan talenta-talenta terbaik STIN, sekaligus membantu perkembangan olahraga nasional,” tegas Budi Gunawan di sela acara Wisuda  Taruna Angkatan XV, Mahasiswa Pasca Sarjana Magister Kajian Intelijen Angkatan VII, Mahasiswa Pasca Sarjana Magister Terapan Intelijen Medik Angkatan I, dan Dies Natalies XIX STIN di Kampus Sentul, Kamis (27/10).

Dalam rangkaian acara wisuda ini, BIN juga memperkenalkan lembaga baru yang dibentuk untuk menaungi semua klub olahraga tersebut. Diberi-nama Persatuan Olahraga BIN, disingkat PORBIN, lembaga ini untuk memastikan pengembangan olahraga di lingkungan BIN akan semakin profesional.

“Semua cabang yang dikembangkan di BIN telah memiliki atlet dan pelatih profesional. Kita menggalang potensi atlet dan pelatih terbaik di tingkat nasional untuk terlibat menciptakan ekosistem pengembangan olahraga prestasi di BIN sehingga potensi talenta-talenta terbaik di lembaga ini bisa dikembangkan, terutama di kalangan taruna-taruni STIN. Alhamdulillah, kita melihat peluang besar untuk turut mengharumkan nama Bangsa di kancah internasional melalui jalur olahraga ini,” papar Kepala BIN.

Baca juga : Bamsoet Dan Mahfud Buka Konferensi Internasional MPR Dunia

Sebagai apresiasi atas prestasi para pelatih dan atlet, di acara peluncuran PROBIN ini Kepala BIN juga memberikan 110 unit kendaraan berupa mobil hingga sepeda motor sebagai dukungan operasional pembinaan setiap cabang olahraga.

Peluang itu memang terbuka, sebab meski belum berjalan lama, klub-klub olahraga di lingkungan BIN sudah banyak menunjukkan prestasi yang membanggakan. Atlet BIN Running Club, Odekta Elvina Naibaho misalnya, dua pekan lalu kembali menjuarai kategori half marathon (21KM) di ajang Jakarta Marathon 2022 (16/10). Odekta yang merupakan personil D2 BIN ini sudah langganan juara berbagai event nasional bahkan internasional. Pada SEA Games Vietnam 2022 lalu, Odekta mempersembahkan medali emas. Selain Odekta, juga ada sprinter kebanggaan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri. Zohri atlet Indonesia pertama yang menjadi juara dunia, dan tercatat sebagai pemegang rekor nasional 100 m dengan catatan 10,03 detik.

Di BIN Volleyball Club, sejumlah atlet nasional bersama taruna-taruni STIN juga telah berkesempatan mengukir prestasi di sejumlah kejuaraan nasional dan internasional. Di sini ada nama Nur Fikri Harsyah Muhamad, Ratri Wulandari, serta Alya Annastasya. Berusia belum genap setahun, Tim Voli BIN Putri binaan PORBIN telah mampu menyabet emas Livoli Divisi I 2022 di Bali, awal Oktober lalu, untuk itu mereka berhak naik ke divisi utama yang merupakan kasta tertinggi Livoli.

Baca juga : Ratusan Warga Kota Yogyakarta Suarakan Dukungan Bagi Ganjar Pranowo

BIN Weightlifting Club memiliki lifter kenamaan Indonesia seperti Rizki Juniansyah dan Windy Cantika Aisah. Mereka mempersembahkan 1 medali emas, 2 medali perak, serta 5 medali perunggu pada kejuaraan internasional Asian Weightlifting Manama, Bahrain 2022.

Klub lain yang ada di lingkungan BIN adalah Waskita Swimming Club, BIN Tennis Club, Velox et Exactus Shooting Club, BIN E-Sport Club, dan Satlasus Tarung Derajat STIN.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.