Dark/Light Mode

Jadi Sesmenpora, Sekjen Bawaslu Gunawan Siap Perbaiki Tata Kelola Di Kemenpora

Rabu, 2 November 2022 20:32 WIB
Gunawan Suswantoro saat diantik menjadi Sesmenpora RI, Rabu (2/11). (Foto : ist)
Gunawan Suswantoro saat diantik menjadi Sesmenpora RI, Rabu (2/11). (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunawan Suswantoro dilantik oleh Menpora Zainudin Amali sebagai Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11) petang.

Gunawan yang sebelumnya menjabat sebagai Sekjen Bawaslu RI menggantikan Plt Sesmenpora Jonni Mardizal.

.“Dari sisi pengalaman, Pak Gunawan tak perlu diragukan. Dia adalah seorang birokrat tulen berasal dari Kemendagri. Pak Gunawan juga telah 13 tahun menjabat sebagai Sekjen Bawaslu RI. Namun di Kemenpora, yang ditangani berbeda jauh. Program prioritas di Kemenpora adalah memperbaiki tata kelola dan birokrasi,” kata Menpora menjelaskan saat pelantikan.

Dalam kesehariannya, ujar Amali, sebagai seorang Sesmenpora, Gunawan akan berurusan dengan banyak federasi olahraga internasional. Dia mengingatkan, sambil berolahraga, komunikasi yang dijalin di antara pejabat Kemenpora jadi tidak terlalu formal. “Mereka bisa membicarakan program sambil berolahraga.”

Baca juga : Ganjarist Kecam Keras Relawan Siluman Yang Pecah Belah Ganjar Dengan Mega

Pada kesempatan itu, Amali juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Gatot Dewo Broto yang telah membantunya sebagai Sesmenpora selama dua tahun dan Jonni Mardizal selama setahun.

Sementara Gunawan siap bekerja sebagai Sesmenpora yang ,tugas dan fungsi utamanya adalah membantu Pak Menpora memimpin organisasi ini. "Agar reformasi birokrasi di Kemenpora itu berjalan lebih baik," kata Gunawan.

Suami dari Sunarti dan bapak dari Fachrian Luftansa Kamil dan Fachriza Cakrafaksi ini, kedepan akan menerapkan tekhnologi informasi dan menejemen talenta dalam mendukung program kerja di Kemenpora.

"Dalam rangka untuk mendukung reformasi birokrasi, saya akan menguatkan dengan menerapkan tekhnologi informasi, menejemen talenta yang akan saya bangun mudah-mudahan bisa diterapkan di Kemenpora," tegas Gunawan.

Baca juga : Bagas/Fikri Siap Nebus Kesalahan Di Denmark

"Selanjutnya, saya akan membantu Pak Menpora dalam rangka bagaimana DBON yang digagas dan telah diimplementasikan Bapak Menpora ini perlu sama-sama kita tingkatkan," tambahnya.

Menurut peraih gelar Doktor Ilmu Politik Universitas Padjajaran ini, dirinya akan mengajak deputi, asdep dan jajaran lainnya agar memiliki visi dan semangat yang sama untuk mengolahragakan seluruh rakyat Indonesia.

"Satu hal yang menjadi penting dalam DBON ini adalah, dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat. Saya ingin mengajak para deputi, asdep dan kepala biro bahwa kita harus memiliki visi dan semangat yang sama untuk menyehatkan dan mengolahragakan seluruh rakyat Indonesia," paparnya.

Gunawan juga bertekad untuk menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan kementerian/lembaga terkait dalam rangka mendukung implementasi DBON. 

Baca juga : Bulan Bintang Siap Bantu KPU Uji Verifikasi Faktual

"Kemudian saya kira pentingnya berkolaborasi dengan kementerian/lembaga terkait dalam rangka mendukung implementasi DBON ini. Insha Allah apa yang sudah diperintahkan oleh Pak Menpora, saya akan bekerjasama dengan para deputi dan jajaran terkait lainnya untuk mengimplementasikan apa yang menjadi arahan beliau," tutur Gunawan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.