Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bamsoet Serahkan Trofi Juara Race 2 World Supersport di Mandalika

Minggu, 13 November 2022 20:04 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo menyerahkan trofi juara ke para pemenang Race 2 World Supersport (WSPP), di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu (13/11/22). (Foto: Dok. IMI)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo menyerahkan trofi juara ke para pemenang Race 2 World Supersport (WSPP), di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu (13/11/22). (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama FIM Board Member Stephan Caraplet menyerahkan trofi juara kepada para pemenang Race 2 World Supersport (WSPP), dalam event kejuaraan balap bergengsi dunia World Superbike, Pirelli Indonesian Round 2022, di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (13/11/22).

Dalam rice ini, Dominique Aegerter berhasil finish di urutan pertama, disusul Stefano Manzi di posisi dua, dan Can Oncu di posisi ketiga. Kemenangan Aegerter ini sekaligus menjadikannya sebagai juara dunia WSSP 2022, mengingat World Superbike 2022 hanya menyisakan satu putaran lagi yakni pada 18-20 November 2022, di Australia.

Berita Terkait : Biden Dan Xi Jinping Mau Face To Face Senin Di Bali

“Secara akumulasi poin tidak ada pembalap lain yang bisa mengejar ketertinggalan poin dari Dominique Aegerter," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai menyerahkan trofi juara kepada para pemenang Race 2 WSPP, di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu (13/11/22).

Ketua MPR ini menjelaskan, seluruh trofi dalam World Superbike, Pirelli Indonesian Round 2022 dibuat oleh tangan anak bangsa, para seniman andal di Tuksedo Studio Bali, yang dipimpin Co-founder Laksmana Gusti Handoko. Tuksedo Studio Bali sebelumnya juga dipercaya membuat 18 trofi untuk MotoGP, Moto2, Moto3, dan Asia Talent Cup yang digelar di Mandalika.

Berita Terkait : 25 Kelurahan Di Jakarta Rawan Longsor Dan Banjir

"Pembuatan trofi kali ini tetap dilakukan secara handmade menggunakan bahan stainless steel untuk bagian bodi. Agar semakin kokoh, di dalam bodi trofi digunakan gabungan struktur aluminium dan kuningan. Pembuatan trofi dibuat khusus, sehingga terlihat megah dan unik. Menggabungkan esensi balap dengan budaya lokal Indonesia dan budaya lokal NTB pada khususnya," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, bodi trofi dibuat eksotis menggambarkan struktur gunung yang filosofinya sebagai tempat tertinggi di dunia yang juga dapat berarti sebagai podium bagi sang juara. Karakter Sirkuit Mandalika diletakkan di atas bodi trofi untuk mengesankan bahwa hanya para juara yang pantas berlomba di sirkuit tersebut.

Berita Terkait : Ronaldo Siap Bangkit

"Kepercayaan yang diberikan Dorna Sport dan ITDC kepada Tuksedo Studio untuk menjadi desainer trofi MotoGP dan World Superbike, menjadi bukti bahwa Indonesia tidak hanya memiliki kemampuan menyelenggarakan kejuaraan balap dunia. Melainkan juga memiliki seniman handal yang mampu membuat maha karya berkelas internasional," pungkas Bamsoet.■