Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Simak Trik Jitu Jualan Online Di Medsos Supaya Menarik

Jumat, 23 September 2022 15:47 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam menjalankan bisnis online yang paling dasar dibutuhkan adalah niat dan berdoa. Setelah itu pelaku usaha harus memiliki strategi dalam menjual produknya. Seperti, membangun branding dari produk yang dijual dan sebagainya.

Banyak cara meningkatkan pemasaran sebuah produk barang dan jasa oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial atau platform digital secara maksimal. Selain itu dibutuhkan juga trik-trik khusus agar personal branding dapat meningkatkan penjualan dan menjangkau konsumen lebih luas.

Baca juga : Dunia Maya Rame Foto Mega-Puan Menangis

Pakar personal branding Fithrianti menjelaskan, personal branding bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sangat penting.

"Melalui personal branding, penjual dapat mengenalkan diri atau produk barang dan jasanya kepada pasar," katanya dalam webinar bertema Pentingnya Personal Branding untuk UMKM yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, di Makassar, Sulawesi Selatan, dikutip Jumat (23/9).

Selain itu, personal branding bisa menaikkan peluang untuk meningkatkan jangkauan pasar yang lebih luas. Bahkan di skala internasional.

Baca juga : Difitnah Keji Di Medsos, Erick Lapor Ke Bareskrim

"Memiliki personal branding berarti konsumen dapat lebih mengenal value dari brand yang dimiliki pedagang tersebut,” ujar Fithrianti.

Media sosial, menurut Fithrianti, menjadi sarana yang ampuh dan strategis dalam membangun personal branding. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun personal branding di media sosial.

Seperti, pembuatan konsep konten, menyiapkan tema yang konsisten, berinteraksi dengan pengikut (follower), berkolaborasi dengan influencer lain, serta membagikan hal-hal yang digeluti secara berkala.

Baca juga : Polda Metro Jaya Bongkar 72 Kasus Judi Online Dalam Empat Hari

Media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Tik Tok semakin diminati. Ketiga platform digital ini bisa menjadi media yang efektif dalam membangun personal branding.

Selain itu, media sosial juga sangat powerfull bagi pelaku UMKM dalam membangun personal branding dan product branding. "Termasuk memasarkan produk-produk yang kita jual,” kata Fithrianti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.