Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

25 Kelurahan Di Jakarta Rawan Longsor Dan Banjir

Sabtu, 29 Oktober 2022 07:30 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Foto: Antara).
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Ibu Kota mesti meningkatkan kewaspadaan. Sebab 25 kelurahan di Jakarta rawan longsor dan banjir di musim hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya akan memasuki awal musim hujan di akhir Oktober 2022 hingga Februari 2023.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau, agar Pemerintah Daerah (Pemda), masyarakat, dan seluruh pihak untuk bersiap siaga menghadapi curah hujan tinggi yang berisiko terjadinya ancaman bencana hidrometeorologi, terutama di wilayah rawan.

Baca juga : Para Relawan Berkumpul Di Tugu Proklamasi

Menindaklanjuti imbauan tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah langkah mitigasi.

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, langkah mitigasi ini dilakukan pihaknya melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Jakarta, termasuk lintas sektor di lembaga vertikal. Yakni, Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan serta BMKG.

Untuk Dinas SDA fokus pada pembuatan waduk, situ dan embung sebagai tempat penampungan air hujan. Juga melakukan pengerukan terhadap sungai, waduk, situ dan saluran air yang sudah eksisting saat ini.

Baca juga : Tema Peringatan HSP Di IKN: Bersatu Bangun Bangsa

“Petugas juga melakukan pengecekan dan perawatan pompa air, termasuk penyiapan pompa mobile untuk mempermudah penyedotan air jika terjadi bencana banjir atau genangan,” kata Isnawa di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (27/10).

Untuk langkah mitigasi berikutnya, lanjut Isnawa, pendistribusian sarana dan prasarana penanggulangan banjir di tempat-tempat rawan bencana. Ditegaskannya, pihaknya rutin mengkaji rencana kontinjensi bencana banjir.

“Kami melakukan apel siaga untuk pengecekan kekuatan sumber daya. Kemudian melakukan simulasi gabungan penanganan bencana banjir dan pemetaan terhadap sumber daya (instansi/ lembaga),” ungkapnya.

Baca juga : Komunitas Truk DKI Jakarta Mantap Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024

BPBD mencatat ada 25 kelurahan dari total 267 kelurahan yang teridentifikasi rawan bencana, terutama banjir. Lokasi itu paling banyak yang bersinggungan dengan kali dan sungai dari kawasan hulu ke hilir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.