Dewan Pers

Dark/Light Mode

Piala Dunia 2022

Polandia Vs Arab Saudi, The Green Falcons Incar Kejutan Kedua

Sabtu, 26 November 2022 10:46 WIB
Tim Arab Saudi di pentas Piala Dunia 2022. (Foto : Ist)
Tim Arab Saudi di pentas Piala Dunia 2022. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai mengalahkan Argentina, The Green Falcons – julukan Timnas Arab Saudi sedang mengincar tiga poin lagi saat jumpa Polandia. Partai kedua babak penyisihan Grup C Piala Dunia 2022 ini akan berlangsung di Stadion Education City, Qatar, nanti malam.

Tapi, akankah skuad asuhan Herve Renard itu kembali membuat kejutan dengan menyegel tiket ke fase gugur? Seperti diketahui, Arab Saudi pada Selasa (22/11) lalu membuat gempar jagat persepakbolaan.

Mereka di laga pertama sukses menjungkalkan favorit juara Argentina dengan skor 2-1. Kemenangan itu lantas membuat Arab Saudi menjadi tim kuda hitam, dan kembali difavoritkan menang saat bersua Polandia

. Padahal, track record mereka sangat buruk setiap kali bersua wakil Eropa di pentas Piala Dunia. Dari sepuluh pertandingan, mereka tercatat sembilan kali kalah, kecuali saat menang 1-0 atas Belgia pada 1994.

Berita Terkait : Ini Yang Membuat Belanda Gagal Menang Lawan Ekuador

Catatan buruk tim asal Timur Tengah itu juga terjadi di delapan kali pertemuannya dengan wakil UEFA. Mereka bahkan tak mampu mencetak satu gol pun di tujuh laga terakhir.

Sementara, duel antara Polandia dan Arab Saudi adalah kali pertama terjadi sejak Maret 2006. Kala itu Polandia menang 2-1 di laga uji coba berkat brace Lukasz Sosin.

Namun demikian, Pelatih Polandia Czeslaw Michniewicz menegaskan, pasukannya sudah siap menjadi batu sandungan Arab Saudi untuk meraih tiket ke partai gugur.

Skuadnya dalam kondisi fit, dan siap tampil maksimal di laga nanti. Terlepas kegagalan penalti di laga pembuka di laga kontra Meksiko, penyerang Robert Lewandowski akan kembali memimpin lini depan.

Berita Terkait : Mehdi Taremi Cs Akhirnya Nyanyi Lagu Kebangsaan Iran

Sedangkan Arab Saudi dipastikan tidak diperkuat Yasser AlShahrani. Pemain yang sempat mengalami cedera horor di laga melawan Argentina itu bahkan akan diabsenkan sampai turnamen berakhir, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Nasib sama juga dialami kiper Arab Saudi, Mohammed AlOwais yang bertabrakan dengan Al-Shahrani. Dia terancam gagal tampil saat melawan Polandia andai cedera lututnya yang terjadi saat bertabrakan dengan AlShahrani, tidak segera pulih

. Pelatih Green Falcons Herve Renard meminta pasukannya tetap semangat. Dan tidak terlena, karena perjuangan belum berhenti sampai di situ. “Kami membuat sejarah untuk sepak bola Saudi dengan mengalahkan Argentina. Itu akan dikenang selamanya,” kata Renard seperti dikutip dari Sky Sport News, kemarin.

“Tapi kami juga perlu berpikir untuk menatap ke depan karena kami masih memiliki dua pertandingan yang sangat sulit,” imbuhnya.

Berita Terkait : Zalnando Mendadak Unggulkan Arab Saudi

Dari kubu Polandia, penyerang Robert Lewandowski tak ingin timnya bernasib sama seperti Argentina. “Terkejut? Tentu saja,” kata Lewandowski kepada wartawan di Qatar ketika ditanya tentang Arab Saudi yang mengalahkan Argentina.

“Ada beberapa kejutan tapi ini adalah Piala Dunia jadi Anda harus siap untuk segalanya. Sekarang kami menantikan pertandingan berikutnya melawan Arab Saudi dan bagi kami itu akan menjadi pertandingan yang sangat penting,” pungkasnya.