Dark/Light Mode

Wasit Wanita Pertama Di Piala Dunia Qatar 2022

Frappart Siap Pimpin Laga Jerman Vs Kosta Rika

Jumat, 2 Desember 2022 07:00 WIB
Stephanie Frappart. (Foto: Getty Images).
Stephanie Frappart. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Stephanie Frappart ungkap kesiapannya jelang ukir sejarah sebagai wasit wanita pertama di Piala Dunia Qatar 2022. Wasit asal Prancis itu akan memimpin laga pertamanya di Qatar pada pertandingan Timnas Jerman kontra Kosta Rika.

Laga itu akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Jumat 2 Desember 2022 dini hari WIB. Di pertandingan ini, Stephanie Frappart akan ditemani tim wasit yang seluruhnya perempuan.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Acara Di Pesantren, Pihak Yayasan Ponpes Tolak Dikaitkan

Tapi, ini bukan pertama kalinya wanita 38 tahun itu membuat namanya masuk dalam sejarah sepak bola dunia. Frappart juga menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Prancis dan Liga Champions. Dia pernah dipercaya menjadi wasit final Piala Dunia Wanita 2019.

“Piala Dunia pria merupakan kompetisi olahraga paling penting di dunia. Saya pernah menjadi wasit wanita pertama di Prancis dan Eropa, jadi saya paham bagaimana menghadapinya,” tutur Frappart.

Baca juga : Mbappe Ditawar MU Rp 2,7 Triliun

Selain Stephanie Frappart, ada juga dua wasit wanita lainnya di Piala Dunia 2022.Yakni Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang.

Ketua Komisi Wasit FIFA Pierluigi Collina mengatakan, ketiga wasit wanita yang akan bekerja pada Piala Dunia 2022 memang punya kapabilitas cukup untuk melakukan tugasnya. “Mereka dipilih bukan karena wanita, tapi karena sebagai wasit FIFA. Mereka bisa memimpin pertandingan apa pun,” ujar Colina.

Baca juga : Jerman Vs Kosta Rika: De Panzer Waspada Parkir Bus

Selain wasit utama, FIFA memberi kepercayaan kepada tiga asisten wasit wanita, Neuza Back, Kathryn Nesbitt dan Karen Díaz Medina, untuk pertama kalinya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.