Dark/Light Mode

Indonesia Juara Umum IESF 14th WEC 2022

Dunia Acungkan Jempol Ke Kita

Rabu, 14 Desember 2022 07:03 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan. (Foto: Ist)
Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia makin harum di dunia. Dunia banyak mengacungkan jempol ke kita karena banyak prestasi yang ditorehkan anak bangsa. Salah satunya di bidang esport.

Ketua Umum PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengapresiasi performa gemilang Tim Nasional Esports Indonesia di ajang International Esports Federation (IESF) 14th World Esports Championship 2022 yang berlangsung di Bali, 2-11 Desember lalu. Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum, melanjutkan capaian ke level yang lebih tinggi setelah juga tampil cemerlang pada SEA Games Vietnam, Mei lalu.

“Kami semua, atas nama PBESI sangat bangga, terharu, sulit diucapkan dengan kata-kata. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan," kata Budi Gunawan yang menyempatkan diri menyampaikan langsung apresiasinya, kemarin.

Baca juga : IESF Bali 14Th WEC 2022 Dukung Kemajuan Ekonomi Dan Pariwisata

Bagi Budi Gunawan, kesinambungan prestasi yang luar biasa ini menunjukkan arah pembinaan dan pengembangan esports di Tanah Air sudah sesuai dengan visi dan misi pembentukan PBESI. Berusia kurang dari tiga tahun, tepatnya terbentuk pada 18 Januari 2020, PBESI memiliki visi mengembangkan dan mempromosikan ekosistem esports yang stabil dan dapat membawa Indonesia menjadi pemimpin esports di kawasan Asia. Sementara misi yang diemban PBESI adalah mendorong pertumbuhan esports di Indonesia dengan membuat Indonesia sebagai pusat esports yang paling aktif dan menarik di Asia.

“Prestasi di Bali (IESF 14th WEC Bali 2022) menunjukkan para atlit esports Indonesia telah mampu memanfaatkan ekosistem yang kita bangun dengan penuh kesungguhan, profesionalitas, dan kreatifitas. Ini adalah hasil dari keseriusan berlatih dan tekad ingin memberikan prestasi terbaik bagi nama baik bangsa,” lanjut Budi Gunawan.

Timnas Indonesia tampil sebagai juara umum IESF 14th WEC Bali 2022 setelah menyabet 3 emas dan 1 perunggu. Tiga emas Indonesia diraih dari pertandingan DOTA 2, eFootball, dan MLBB. Sementara perunggu dipersembahkan dari CS:GO Women. Sementara pada SEA Games Vietnam, Mei lalu, Indonesia berhasil menggondol dua medali emas, tiga perak dan satu perunggu.

Baca juga : Menuju Indonesia 4.0, GeoAI Summit 2022 Tawarkan Teknologi Geospasial

Ketum PBESI Budi Gunawan memang patut berbangga, karena dua target yang ia pasang tercapai dengan sempurna. Selain target juara umum, penyelenggaraan IESF 14th WEC Bali 2022 juga berhasil meletakkan standar baru sebuah ajang kejuaraan paling bergengsi dunia. Presiden Federasi Esports Internasional (IESF), Vlad Marinescu, memuji PBESI sebagai tuan rumah yang sangat berhasil bahkan melebihi ekspektasi. 

“PBESI memastikan semua aspek untuk kompetisi ini dengan sangat baik. Dari koordinasi dengan demikian banyaknya negara peserta, menyiapkan akomodasi yang memadai dan bahkan melebihi ekspektasi, hingga berbagai hal yang dibutuhkan untuk menyukseskan acara ini, Indonesia patut mendapatkan acungan jempol sebagai tuan rumah,” kata Vlad Marinescu.

Keberhasilan penyelenggaraan ditandai dengan tiga rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) yang diraih IESF 14th WEC Bali 2022. Yaitu, rekor pertandingan esports dengan peserta terbanyak (700 atlit dari 105 negara), rekor pertandingan esports luar ruang terluas (9,2 hektar), serta rekor pertandingan esports offline terbanyak dalam sehari yaitu 164 pertandingan. 

Baca juga : DevFest Indonesia 2022  Digelar di 10 Kota

Menurut Budi Gunawan, penyelenggaraan IESF 14th WEC Bali 2022 memang dirancang untuk menjadi standar baru wajah esport dunia. Tidak hanya menjadi festival besar bagi masyarakat esports, tetapi juga sebagai sarana pengembangan dan pemberdayaan berbagai sektor lain yang terkait, yaitu teknologi, pendidikan, industri kreatif, pariwisata, hingga entertainmen. 

Tak ayal, menyelenggarakan kejuaraan olahraga elektronik tingkat dunia, di pantai Nusa Dua Bali selama 10 hari nonstop, dengan jumlah peserta sekian banyak, memang menunjukkan kesungguhan, profesionalisme serta kreativitas yang patut diacungi jempol.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.