Dark/Light Mode

Match Fee Belum Dibayar, PSBL Tegur PSSI

Rabu, 7 Agustus 2019 05:10 WIB
Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono (kiri) dan Ketua Umum PSBL Said Mahdum Majid. (Foto: Istimewa).
Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono (kiri) dan Ketua Umum PSBL Said Mahdum Majid. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gara-gara match fee atau uang tampil di Piala Indonesia Kratingdaeng 2018/2019 yang dijanjikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) belum dibayar lunas, Persatuan Sepak Bola Langsa (PSBL) melayangkan somasi ke PSSI.

“Nominal pastinya kita tidak dikasih tahu oleh PSSI. Tapi kira-kira ratusan juta rupiah. Kami baru terima Rp 40 juta dipotong pajak. Untuk nombok, terpaksa kami jual kebun,” ungkap Ketua Umum PSBL Said Mahdum Majid saat menerima kunjungan Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) di Kota Langsa, Aceh, Kamis (1/8), dalam rilis yang diterima RMco.id Selasa (6/8).

Somasi atau surat peringatan dengan nomor 22/PSBL-LGS/V/2019 itu dilayangkan pada 24 Mei 2019.

“Keterlambatan pembayaran match fee telah merugikan PSBL yang telah mendahulukan pengeluaran biaya pertandingan dan operasional klub,” tulis Said dalam somasinya.

Baca juga : Marc Marquez Belum Punya SIM

Said mengatakan PSBL telah melakoni pertandingan 128 besar sebagai tuan rumah di Stadion Langsa melawan Persiraja Banda Aceh pada 31 Juli 2018.

“Dari sini kami sudah terima match fee Rp 40 juta dari total Rp 100 juta, setelah dipotong pajak jumlahnya Rp 38 juta,” jelasnya.

PSBL lalu lanjut ke pertandingan 64 besar sebagai tuan rumah melawan Aceh United pada 24 Desember 2018, dan seharusnya PSBL mendapat match fee sebesar 40% dari total Rp 125 juta.

PSBL pun lanjut lagi ke pertandaingan 32 besar dengan sistem home and away melawan Bhayangkara FC pada 24 Januari 2019 sebagai partai home, dan 1 Februari 2019 sebagai partai away.

Baca juga : Nonton Final Piala Indonesia, Ratu Tisha Disoraki Pendukung Tim Juku Eja

“Di sini mestinya PSBL dapat 40% dari Rp 150 juta partai home, dan 60% dari Rp 150 juta dari partai away,” cetus Said. Faktanya, lanjut Said, janji itu tinggal janji.

Hingga Piala Indonesia Kratingdaeng 2018/2019 memasuki puncak, yakni pertandingan antara tuan rumah PSM Makassar dan Persija Jakarta yang digelar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (6/8), match fee untuk PSBL itu belum dilunasi pembayarannya.

PSBL juga belum menerima uang kontribusi untuk Liga 3 sebesar Rp 75 juta. “Kami tentu akan layangkan somasi lagi,” tandasnya.

Ketua KPSN Suhendra Hadikuntono mengaku prihatin setelah menerima pengaduan dari Said Mahdum itu, dan berjanji akan mempertanyakan hal tersebut ke pihak PSSI.

Baca juga : Tujuh Tahun Tidur, Tour Indonesia Hidup Lagi

Sementara itu Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha ketika dihubungi telepon selulernya, Selasa (6/8) siang, tidak merespons. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.