Dark/Light Mode

Permintaan Legenda Timnas Inggris

Lineker: Jangan Pecat Southgate

Minggu, 18 Desember 2022 07:00 WIB
Gary Lineker. (Foto: BBC).
Gary Lineker. (Foto: BBC).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan terhadap pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate terus mengalir. Kini, giliran legenda Tim Tiga Singa, Gary Lineker, meminta Federasi Sepakbola Inggris (FA) tidak memecat Southgate dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Inggris walau telah gagal di Piala Dunia 2022.

Seperti dikutip dari Sky Sport, kemarin, Lineker yang berusia 52 tahun itu mengatakan, sebenarnya Southgate sudah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik di event empat tahunan tersebut. Sehingga, dia berharap, pria 52 tahun itu tetap melatih Harry Kane dan kawan-kawan.

“Saya berharap Gareth bertahan. Saya pikir benar bahwa keputusan ada di tangannya. Dia melakukan pekerjaan yang sangat bagus, Anda harus mempertimbangkan di mana kami beberapa tahun lalu,” kata Lineker.

Baca juga : Benzema Ogah Main Di Final

“Semua orang berpikir itu pekerjaan yang mudah dan semua orang berpikir: ‘Saya akan memainkan dia dan bukan dia, atau memasukan dia lebih awal’. Sangat mudah di belakang,” imbuhnya.

“Saya pikir Gareth telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus. Satu-satunya hal yang Anda katakan tentang dia adalah terkadang dia tidak mengubah banyak hal secara cepat dalam permainan yang tidak berjalan dengan baik.”

Seperti diketahui, Inggris baru saja mengubur mimpi mereka untuk kembali merasakan gelar juara dunia, setelah yang terakhir kali pada tahun 1966. Sebab, pada perhelatan Piala Dunia di Qatar, Three Lions tersingkir di babak perempat-final setelah dikalahkan juara bertahan Prancis.

Baca juga : Kawan Dekat Jadi Lawan Berat

Namun, hingga saat ini belum ada keputusan dari FA soal masa depan Southgate di timnas Inggris. Media asal Inggris The Sun, mengabarkan saat ini FA tengah memberi waktu kepada Southgate sampai awal tahun untuk memutuskan masa depannya. Setelah itu, kedua pihak akan kembali diskusi dan mengambil keputusan terkait masa depannya di timnas Inggris.

Kontrak Southgate bersama Inggris sendiri akan habis pada akhir Euro 2024 di Jerman. Jika Southgate tidak ingin menyelesaikan kontraknya, maka FA akan segera menjadi pelatih baru.

Pertandingan Inggris selanjutnya adalah kualifikasi Euro melawan Italia pada Maret 2023. Karena itu FA butuh solusi secepatnya, agar bisa melangkah maju dan pemain Inggris juga mendapatkan kejelasan. Bersama timnas Inggris, Southgate telah membawa Inggris melaju ke semifinal Piala Dunia 2018, final Euro 2020 dan perempat final Piala Dunia tahun ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.