Dark/Light Mode

Husnul Khatimah, Ini 12 Rekor Baru Messi Usai Piala Dunia Qatar

Senin, 19 Desember 2022 05:35 WIB
Linonel Messi. (Foto : Skysport)
Linonel Messi. (Foto : Skysport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lionel Messi sumringah. Dia sukses mengakhiri kariernya di pentas internasional bersama timnas Argentina dengan husnul khatimah alias baik di akhir setelah menggondol trofi juara Piala Dunia 2022 Qatar.

Dia membawa Argentina menang atas Prancis pada laga puncak final Piala Dunia di Stadion Lusail di Qatar, Senin (19/12) dini hari WIB .

Pemain berusia 35 tahun itu juga mencetak dua gol di waktu normal yang berakhir 3-3 sekaligus mencetak gol dalam kemenangan melalui adu penalti.

Beberapa rekor diciptakan Lionel Messi usai Piala Dunia 2022 Qatar ini. Berikut rekor-rekor yang ditorehkan La Pulga alias si Kutu Loncat ini.

1. Lionel Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak gol di babak penyisihan grup, babak 16 besar, perempat final, semifinal, dan final dalam satu edisi Piala Dunia.

Baca juga : Wow, Qatar Raih Untung Rp 117 Triliun Dari Piala Dunia

2. Lionel Messi terbanyak mentas dengan 26 penampilan dalam pertandingan Piala Dunia. Dia menjadi pemegang rekor sepanjang masa menyalip Lothar Matthaus dengan 25 kali main.

3. Pemain yang mencetak 26 gol di turnamen internasional besar untuk Argentina (13 Piala Dunia, 13 Copa América), terbanyak dari semua pemain Amerika Selatan dalam sejarah di dua kompetisi, menyalip pemain Brazil Ronaldo dengan 25 gol.

4. Pemain tertua yang mencatatkan gol dan assist dalam laga penyisihan Piala Dunia saat melawan Arab Saudi pada usia 35 tahun.

5. Pemain tertua yang mencatatkan gol dan satu assist dalam pertandingan sistem gugur Piala Dunia [perempat final vs Belanda, semifinal vs Kroasia] di usia 35 tahun.

6. Pemain Argetina berkontribusi gol terbanyak di Piala Dunia, dengan 13 gol dan 8 assist.

Baca juga : Mau Kuliah Di Luar Negeri? Ini Tips Lolos Seleksi Universitas Kelas Dunia

7. Dia adalah satu-satunya pemain yang memenangkan dua Bola Emas [Pemain Terbaik Turnamen] yakni Piala Dunia 2014 dan 2022

8. Dia adalah pemain tertua yang mencetak tujuh gol di Piala Dunia pada usia 35 tahun.

9. Di antara lima pemain dalam sejarah yang tampil di lima edisi Piala Dunia [Cristiano Ronaldo, Lothar Matthaus, Rafael Marquez, Antonio Carbajal]

10. Dia memiliki assist terbanyak kedua di Piala Dunia.

11. Turnamen terbanyak dengan setidaknya satu assist [2006, 2010, 2014, 2018, 2022]

Baca juga : Hadapi Nataru, PUPR Siapkan 9 Ruas Tol Baru di Jawa dan Sumatera

12. Dia memiliki menit bermain terbanyak di Piala Dunia dengan 234 menit, melampaui Paolo Maldini.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.