Dark/Light Mode

Dilantik Basuki, Gateball Sulut Siap Go Internasional

Kamis, 19 Januari 2023 13:31 WIB
Pelantikan Kepengurusan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Provinsi Sulawesi Utara  Periode 2021-2025, di Kota Manado, Rabu (18/1).
Pelantikan Kepengurusan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Provinsi Sulawesi Utara Periode 2021-2025, di Kota Manado, Rabu (18/1).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Basuki Hadimuljono melantik Kepengurusan Pergatsi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Periode 2021-2025, di Kota Manado. 

Dalam sambutannya, Basuki mengatakan, olahraga gateball sudah mulai masuk menjadi kategori olahraga prestasi yang akan dipertandingkan pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 

"Pergatsi Sulut sangat diperhitungkan di tingkat nasional, selalu menjadi peringkat-peringkat teratas di kejuaraan nasional bahkan sering menjadi wakil Indonesia di kancah internasional," kata Basuki, Rabu (18/1). 

Baca juga : Samsul Siap Jebol Gawang Persija

Menteri Basuki yakin dengan semangat pengurus Pergatsi Sulut yang baru dan tentunya dengan kehadiran Gubernur dalam pelantikan tersebut akan menambah semangat pengurus dan menjadikan pelantikan tersebut istimewa. 

"Saya titip kepada Pak Gubernur untuk dapat ikut membina Gateball di Sulut. Selamat bekerja dan terima kasih atas kesediaan komitmen pengurus Pergatsi Sulut untuk meningkatkan prestasi dan gateball di Sulut," kata Basuki.

Ditambahkan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Pemprov Sulut ikut mendorong Pergatsi untuk menjadi olahraga prestasi. 

Baca juga : Erick Thohir Diyakini Bisa Bawa Sepak Bola Nasional Harum Di Pentas Internasional

"Untuk itu Pemprov Sulut mendukung penuh untuk Gateball mengikuti pertandingan di PON, harapannya membawa mama harum Provinsi Sulut," ujarnya.

Olahraga Gateball dikenal sebagai perpaduan beberapa cabang olahraga yang membutuhkan strategi dan tingkat konsentrasi tinggi di antaranya golf dan catur, sehingga tepat untuk melatih menyelesaikan pekerjaan yang lebih cepat, lebih tepat, dan lebih baik sehingga juga menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi. 

Gateball adalah olahraga rekreasi sekaligus olahraga kompetisi. Gateball menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam event  internasional olahraga rekreasi yang diselenggarakan oleh The Association For International Sport for All (TAFISA). TAFISA GAME diadakan setiap 4 tahun sekali, dengan mempertandingkan sejumlah olahraga rekreasi seperti Egrang, Barongsai dan Gateball.

Baca juga : 92 Atlet Dipanggil Masuk Pelatnas PBSI 2023, Ini Daftarnya

Cabor Gateball merupakan modifikasi permainan croquet, yang menggunakan palu untuk memukul bola. Olahraga ini tidak mengenal batas tertentu sehingga tergolong sebagai barrier-free sport (olahraga tanpa batas).■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.