Dark/Light Mode

Tinju

Sabuk IBF Ruiz Terancam Dicopot

Kamis, 15 Agustus 2019 09:31 WIB
Andy Ruiz, The Destroyer. (Foto : istimewa)
Andy Ruiz, The Destroyer. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sabuk juara kelas berar IBF yang kini dipegang Andy Ruiz terancam dicopot andai sang petinju tidak segera melakukan pertarungan ulang dengan Anthony Joshua. Tak mau hilang gelar, promotor tinju Eddie Hearn memastikan duel ulang perebutan sabuk Kelas Berat IBF tetap dilaksanakan.

Duel ulang Joshua vs Ruiz Jr jilid 2 akan memperebutkan sabuk juara WBA, WBO dan IBF  digelar di Diriyah, Arab Saudi pada 7 Desember 2019. “Ketika kami mengumumkan pertarungan ini, kami dan promotor Ruiz Jr menuliskan kepada badan tinju dunia (IBF) untuk mengabarkan duel ini akan terlaksana. Kami berharap sabuk IBF, WBA dan WBO tetap diperebutkan “ kata Hearn kepada Sky Sports, kemarin.

Baca juga : Menhub Tinjau Insfrastruktur Transportasi Di Bali

Seperti diketahui, Ruiz Jr memenangi sabuk Kelas Berat IBF, WBA dan WBO setelah empat kali memukul KO Joshua sebelum pertarungan dihentikan di ronde ketujuh pada 1 Juni di New York, Amerika Serikat. Hearn memahami, jika pertarungan ulang Joshua vs Ruiz Jr melebihi waktu yang seharusnya dilakukan untuk mandatory title.

Maka sabuk juara IBF milik Ruiz Jr akan dicopot. Namun, antara Joshua dan Ruiz Jr telah sepakat bertarung pada 7 Desember mendatang. Sebelumnya, IBF pada awal Agustus lalu membuat keputusan mengejutkan dengan melucuti sabuk juara Kelas Menengah Saul ‘Canelo’ Alvarez.

Baca juga : Berkinerja Baik, TGB Raih Penghargaan Dari Presiden

IBF menganggap kubu Canelo tidak mencapai kesepakatan bertarung mempertahankan gelar melawan Sergiy De- revyanchenko. Seandainya IBF pada akh- irnya melucuti sabuk juara Kelas Berat Andy Ruiz Jr, maka Kubrat Pulev, penantang nomor 1 di IBF akan naik untuk memperebutkan gelar yang lowong tersebut.

Sesuai aturan, Ruiz Jr seharusnya menjalani mandatory title dengan Pulev yang merupakan penantang pertama Kelas Berat IBF. Tapi, Ruiz Jr malah menerima rematch dengan Joshua untuk memperebutkan sabuk Kelas Berat IBF.

Baca juga : Juara Dunia, Ruiz : Ini Impian Saya

Kasus saat ini sama dengan yang dialami Tyson Fury. Pada akhir 2015, IBF juga mencabut sabuk juara Kelas Berat Tyson Fury yang bersamaan meraih gelar WBA dan WBO setelah mengalahkan Wladimir Klitschko.

IBF mencabut sabuk juara Fury setelah dia menghindari pertarungan wajib melawan penantang pertama karena lebih memilih rematch dengan Klitschko. Sabuk juara Kelas Berat IBF dinyatakan lowong. Charles Martin akhirnya memiliki sabuk juara tersebut sebelum dikalahkan Joshua. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :