Dark/Light Mode

Tinju Dunia

Juara Dunia, Ruiz : Ini Impian Saya

Minggu, 2 Juni 2019 11:44 WIB
Andy Ruiz Jr usai mengalahkan Anthony Joshua. (Foto : Timothy A, AFP/Getty Images)
Andy Ruiz Jr usai mengalahkan Anthony Joshua. (Foto : Timothy A, AFP/Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Andy Ruiz Jr mengukir sejarah tinju Meksiko. Dia orang pertama Meksiko yang menyandang gelar tinju dunia kelas berat usai mengandaskan petinju asal Inggris, Anthony Joshua.

Berlaga di Madison Square Garden, New York, Minggu (2/6) WIB, Ruiz mengakhiri perlawanan Anthony Joshua, dengan TKO di ronde ketujuh. Kini Andy Ruiz Jr dinobatkan menjadi juara dunia baru kelas berat versi empat badan tinju dunia: WBA, IBF, WBO, dan IBO. Uniknya, Ruiz justru tak diunggulkan di laga tersebut.

Bahkan Joshua, yang sebelumnya tidak terkalahkan dan bertarung untuk pertama kalinya di Amerika Serikat untuk mempertahankan gelar juara versi IBF, WBA, dan WBO-nya, empat kali dijatuhkan Ruiz, sebelum akhirnya wasit menghentikan pertandingan pada ronde ketujuh.

Baca juga : Andy Ruiz Ngandelin Berat Berat

"Saya merasa sangat bagus," kata Ruiz usai laga. "Ini momen yang saya impikan. Ini alasan yang berusaha sangat keras. Saya tak percaya impian saya datang."

Sebelumnya, Ruiz tidak punya banyak waktu mempersiapkan laga. Dia hanya punya waktu enam minggu setelah lawan yang dijadwalkan Joshua sebelumnya, Jarrell Miller, terdeteksi positif mengkonsumsi doping.

Jalannya laga Ruiz memang mendominasi sejak awal. Dia semoat dijatuhkan ke kanvas di ronde ketiga, tetapi petarung kelas berat itu bangkit dan menjatuhkan petinju Inggris itu di babak yang sama.

Baca juga : Petani Magelang Dibekali Cara Ampuh Kendalikan Lalat di Kebun Salak

 Joshua beruntung diselamatkan waktu berakhirnya ronde. Dia tampak pulih dan kembali melakukan pukulan kerasnya dengan baik pada beberapa ronde berikutnya, tetapi Ruiz berhasil mendaratkan pukulan kerasnya di ronde keenam sehingga membuat sang juara terhuyung-huyung.

Joshua mencoba bertahan dari pukulan-pukulan Ruiz selama hampir dua menit tersisa pada ronde ketujuh. Akhirnya petinju Inggris itu bertekuk lututnya saat mencoba berjalan ke sudut netral. [IPL]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.