Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Agar Bisa Bersaing, Percasi Genjot Mental Pecatur Indonesia

Senin, 6 Februari 2023 05:24 WIB
Pendiri Sekolah Catur Utut Adianto, Eka Putra Wirya bersama para pecatur Indonesia yang mendapat penghargaan. (Foto : Ist)
Pendiri Sekolah Catur Utut Adianto, Eka Putra Wirya bersama para pecatur Indonesia yang mendapat penghargaan. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pembina Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia (PB Percasi) sekaligus Pendiri Sekolah Catur Utut Adianto, Eka Putra Wirya, menilai pembinaan mental penting untuk para pecatur muda agar dapat bersaing dalam kompetisi tingkat dunia.

"Penting untuk dilakukan pembinaan dan pelatihan untuk kembangkan kemampuan anak-anak yang kini belajar catur sejak dini. Fundamental harus kuat, komprehensif, dan menyeluruh," kata Eka di sela SCUA Awards yang digelar secara hibrida di Hours Caffe Kelapa Gading Jakarta  Minggu (5/2/2023).

"Bicara soal pecatur profesional bukan cuma bicara soal teknik, tapi juga mental. Mental harus kita perbaiki, mental pemenang juga harus disiapkan," ujarnya.

Bagi Eka, mental pemenang bukan cuma soal bagaimana seorang pemain catur mampu menerima kekalahan, namun juga sikapnya saat meraih kemenangan.

Baca juga : Moeldoko: Petani Indonesia Bisa Kaya, Bisa Sejahtera

"Mental pemenang adalah mental yang kuat. Ada kepercayaan diri, motivasi diri, dan ketika jatuh bisa bangkit. Tapi, di saat sukses, mentalnya juga harus kuat. Kalau tidak kuat, akan jumawa, sombong, dan tidak mempersiapkan diri untuk jatuh," papar dia.

Eka menambahkan, persiapan untuk menjadi seorang pecatur profesional hingga meraih gelar bergengsi seperti Grand Master tak hanya bertumpu pada bakat, namun juga kerja keras.

"Persiapannya luar biasa, membutuhkan waktu yang sangat lama. Bakat yang luar biasa, tanpa kerja keras, maka tak akan menjadi apa-apa," ujarnya.

Lebih lanjut, Eka memberikan motivasi kepada para pecatur Indonesia untuk terus memiliki target selanjutnya, bahkan setelah mencicipi gelar juara nasional maupun dunia. Menurut Eka, euforia setelah kemenangan tak perlu dirayakan terlalu lama.

Baca juga : Lawan Mafia Tanah, Menteri ATR/BPN Pasang 1 Juta Patok Di Seluruh Indonesia

"Setelah juara, langkah selanjutnya adalah berlatih dan bekerja keras lagi. Miliki target ke depan, lewati zona nyaman agar step-nya naik lagi. Setelah merayakan, kembali lagi untuk berlatih keras," katanya.

Eka melanjutkan, hal-hal penting lainnya yang harus dimiliki oleh pemain maupun para pembina catur di Indonesia adalah konsistensi, dedikasi, dan pengabdian.

Dalam kesempatan yang sama Ketua PB Percasi GM Utut Adianto menyatakan akan memberikan kesempatan kepada sekitar 10 Pecatur muda untuk berlatih tanding ke daratan Eropa terutama ke Belanda.

Ini bagian dari pola pembinaan, kata Utut agar pecatur muda punya kesempatan mengasah ilmunya serta lebih meningkatkan prestasi di level internasional.

Baca juga : Gandeng APJII, MettaDC Komit Genjot Kapasitas Infrastruktur Digital

"Selain ikut pertandingan di sana pecatur muda kita, juga kita berikan kemandirian untuk bisa memanage mereka agar lebih bisa mengatur diri sendiri untuk bisa bersikap profesional untuk meningkatkan prestasinya," kata politisi dari Partai PDIP itu.

Sementara itu, SCUA memberikan apresiasi kepada para murid dan orang tua murid di sekolah catur tersebut pada malam penganugerahan yang digelar malam ini. Terdapat sejumlah kategori penghargaan yang diberikan, termasuk murid terfavorit hingga lomba video.

"Kami bersama-sama ada di sini untuk menyampaikan syukur dan penghargaan kepada keluarga besar SCUA. Kami tak akan berhenti melakukan evaluasi dan perbaikan di sela tantangan yang ada, dan selalu memberikan yang terbaik untuk putra-putri kita semua," kata Management SCUA Lisa Karlina Lumongdong.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.