Dark/Light Mode

Bamsoet Puji Acara Tanding Panco Indonesia Vs Singapura

Rabu, 15 Februari 2023 23:09 WIB
Pertandingan panco Indonesia Vs Singapura dengan tajuk Teddkris Challenge: Super Match Series 2023, di Black Stone Garage, Jakarta Selatan, Rabu (15/2). (Foto: Istimewa)
Pertandingan panco Indonesia Vs Singapura dengan tajuk Teddkris Challenge: Super Match Series 2023, di Black Stone Garage, Jakarta Selatan, Rabu (15/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Arm Wrestling (Panco) Indonesia Vs Singapura, "Teddkris Challenge: Super Match Series 2023", di Black Stone Garage (IMI Lounge), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/2).

Pertandingan Indonesia Vs Singapura terjadi di tiga kategori. Di kategori 85+ Kg antara Greggory Yeo (Singapura) Vs Iwan Diono (Indonesia), dimenangkan Iwan Diono. Di kategori 95+ Kg antara Matthew Wong (Singapura) Vs Tommy Kang (Indonesia), dimenangkan Matthew Wong. Kemudian, di kategori 65 Kg antara Ryan Ng (Singapura) melawan Yusman Ellank (Indonesia), dimenangkan Ryang Ng.

Baca juga : Terima DPP IMM, Bamsoet Ajak Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

"Dipertandingan kategori lainnya, diperebutkan para atlet panco dari berbagai daerah di Indonesia. Antara lain, Widodo Santoso (Lampung) yang memenangkan kategori -65kg setelah mengalahkan Prima Sitorus (Surabaya). Novan Siregar (Jakarta Utara) memenangkan kategori +75 Kg setelah mengalahkan Samuel Bhakti (Banten)," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, di Jakarta, Rabu (15/2).

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, latar belakang dibuatnya event ini karena begitu antusiasnya para atlet panco untuk menguji kekuatan dan penguasaan teknik di meja menjelang kejuaraan nasional yang akan dilangsungkan di Jawa Barat, Juli 2023.

Baca juga : Akademisi Sebut Erick Puzzle Utama Kemajuan Sepakbola Indonesia

"Panco belakangan ini semakin digandrungi anak-anak muda di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, POGTI (Persatuan Olahraga Gulat Tangan Indonesia) sebagai wadah yang membawahi olahraga ini sudah dibentuk di hampir 13 Provinsi dan POGTI sudah masuk di Kementerian Olahraga di bawah KORMI karena belum mencukupi Pengda untuk masuk di dalam kepengurusan KONI," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menerangkan, teknik dan penguasaan tenaga dalam dalam panco ada beragam. Antara lain, hook, top roll, dan side press. Ketiga teknik ini dapat dikuasai dengan cara sparing atau latihan langsung di meja panco.

Baca juga : Ketua KOI Percaya Basuki Pimpin Kontingen Tim Indonesia Di China

"Karena itu atas inisiatif berbagai pihak, event Indonesia Vs Singapura tersebut dapat terselenggara. Diprakarsai Teddy Saputra dan di support Algojo Fitnes, Aji Strongman, dan Black Stone Garage, dengan mengundang atlet kelas dunia dari Singapura sebagai pertandingan persahabatan dan menjadi pembelajaran bagi para atlet Indonesia terutama bagi para pemula untuk melatih mental dan penguasaan teknik di meja panco," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.