Dark/Light Mode

Timnas Indonesia Kudu Regenerasi

Rabu, 22 Februari 2023 05:46 WIB
Para pemain timas senior Indonesia. (Foto : Ist)
Para pemain timas senior Indonesia. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Regenerasi di tubuh Timnas Indonesia perlu dilakukan, agar kualitas pemain cukup kuat dan membawa Tim Garuda berlaga di Piala Dunia. Hal itu disampaikan Direktur Teknik Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Indra Sjafri di Jakarta, kemarin.

Ia menggarisbawahi perlunya regenerasi pemain sepak bola agar Timnas Indonesia bisa berlaga di kompetisi teratas, Piala Dunia. Indra Sjafri mengatakan, kualitas pemain sepak bola Indonesia yang ada saat ini belum cukup kuat untuk bisa membawa tim Garuda berlaga di Piala Dunia.

Baca juga : Lefundes Percaya Madura United Bisa Bangkit

“Pemain yang ada saat ini dirasa tidak mampu membawa Indonesia ke Piala Dunia. Oleh sebab itu, perlu generasi pesepak bola baru yang jauh lebih berkualitas,” kata mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut.

Dia berpendapat, upaya menjaring talenta-talenta pesepak bola muda ke 34 provinsi sekalipun belum cukup untuk memenuhi kualitas yang dibutuhkan agar Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia.

Baca juga : Luis Milla Soroti Penurunan Semangat Skuad Persib

Indra Sjafri mengaku, sudah mengetahui permasalahan terkait kualitas pemain Indonesia. Antara lain, masalah infrastruktur sarana, prasarana, serta manajemen kepelatihan di seluruh daerah Indonesia.

Dia menyebut terdapat lima pilar upaya pengembangan sepak bola nasional yaitu infrastruktur, kurikulum, SDM, pengembangan pemain, dan kompetisi. Dia menyampaikan banyak pandangan yang dinilainya keliru melihat berjalannya kompetisi sebagai upaya pengembangan sepak bola nasional.

Baca juga : Diunggulkan Menang, DDS: Yang Penting Fokus

Padahal, hal itu merupakan pilar terakhir. “Sepak bola tidak bisa lagi dikelola dengan cara konvensional, keterlibatan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sport science mutlak dilakukan,” katanya.

Menurut dia, perlu ada data penunjang para pemain sepak bola nasional untuk tujuan peningkatan kualitas. Hal itu, lanjutnya, telah dilakukan oleh negara-negara peringkat satu sampai 20 di FIFA. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.