Dark/Light Mode

Kejutan, Peringkat 1 Dunia U-15 Tampil Di Liga Tenis Meja Berhadiah Rp 2,5 Miliar

Sabtu, 25 Februari 2023 13:19 WIB
Petenis meja U-15 peringkat 1 dunia, Kwon Hyuk. (Foto : Ist)
Petenis meja U-15 peringkat 1 dunia, Kwon Hyuk. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Liga Tenis Meja Indonesia putaran pertama di Gelanggang Olah Raga (GOR) Singgasana Bandung, Jawa Barat, 8-10 Maret 2023 dipastikan bakal sangat seru.

Tidak hanya berhadiah total Rp2,5 miliar, bertajuk Liga Tenis Meja Terry Palmer Indonesia (LTMTPI) 2023/2024 yang dipelopori Singgih Yehezkiel ini, event ini menampilkan petenis meja U 15 peringkat 1 dunia, Kwon Hyuk

Petenis meja muda asal Korea Selatan ini menjadi bintang dunia atas prestasi luar biasa yang dicapainya. Kwon Hyuk tidak hanya menjadi juara dunia pada World Table Tennis (WTT) Youth Contender di Doha, Qatar, 27-30 Januari 2023 tetapi juga juara U 17 WTT Youth Star di Tunisia,1-5 Februari 2023.

Kwon Hyuk akan memperkuat Perkumpulan Tenis Meja (PTM) Morning Whistle Indonesia bersama Sarayut Tancharoen dari Thailand yang merupakan peraih medali emas beregu SEA Games 2021 Vietnam. 

Tidak hanya Kwon Hyuk dan Sarayut, tetapi petenis meja nasional asal Korea Selatan lainnya, Jeong Yeong-hun juga ikut tampil.

Baca juga : Kinerja Solid, PermataBank Raup Laba Bersih Rp 2 Triliun

Dia akan memperkuat PTM Best milik Rendra Tjajadi bersama pemain terbaik Indonesia yakni Bima Abdi, Ficky Supit, Abdul Hair dan M Husein yang merupakan peraih emas SEA Games 2005 Filipina. 

Ketua Panitia Pelaksana LTMTPI 2023-2024, Jopie Warsono mengatakan, di kelompok putri ,juga tidak kalah mentereng dengan hadirnya petenis rangking dunia.

Petenis meja putri asal Korea Selatan, Kim Ha-yeong yang menempati peringkat 68 dunia akan memperkuat Morning Whistle Indonesia. 

"Yang pasti, Liga Tenis Meja yang pertama kali diputar seperti Silatama terdahulu ini, bukan hanya menampilkan petenis meja dunia tetapi juga bertabur bintang," kata Ketua Panitia Pelaksana LTMTPI 2023-2024, Jopie Warsono di Jakarta, Sabtu (25/2/2023). 

Liga Tenis Meja Indonesia akan digelar dalam delapan putaran pada setiap tiga bulan ini diikuti 8 PTM Putra dan 7 PTM putri. Plus Tim Tamu yang diperkuat petenis meja asing bentukan panitia LTMPI 2023-2024.  

Baca juga : Wow, BTN Raup Laba Bersih Rp 3,04 Triliun

"Kita sengaja menurunkan Tim Tamu pada setiap putaran agar atlet tenis meja Indonesia bisa menambah pengalaman bertanding lebih banyak. Kalau ada PTM yang berminat bisa menggunakannya pada putaran selanjutnya dan kita akan mencari penggantinya atau mendatangkan pemain baru dari negara lainnya," jelas Jopie Warsono sembari menyebutkan putaran kedua akan digelar di Surabaya, Jawa Timur, pada Juni mendatang.

Tim Tamu Putra akan diperkuat Leong Chee Feng dari Malaysia, Javen Chong (Malaysia), dan Sarun Ying Yeong (Korea Selatan). Leong merupakan peraih medali perak beregu SEA Games 2021 Vietnam.

Javen adalah peraih perak ganda campuran Common Wealth Games 2022 dan perak SEA Games 2021 Vietnam, sedangkan Sarun, peraih medali emas Kejuaraan Tenis Meja Antar Mahasiswa se-Asia Tenggara 2022.  

Tim Tamu Putri akan diperkuat Ho Ying (Malaysia), Karen Lyne (Malaysia), dan Nanapat Kola (Thailand). Ho Ying, peraih perunggu SEA Games 2021 Vietnam dan Comon Wealth Games 2022, Karen Lyne, perak Comon Wealth 2022 dan perunggu SEA Games 2021 Vietnam, dan Nanapat Kola, juara Antar Mahasiswa se-Asia Tenggara. 

Lebih jauh Jopie Warsono mengatakan, keberadaan Liga Tenis Meja Indonesia ini bukan hanya meningkatkan prestasi atlet tenis meja melalui pertandingan yang rutin. Dan, atlet-atlet terbaik  diharapkan bisa tampil mewakili negara jika memang dibutuhkan. 

Baca juga : Jelang Piala Dunia, Racikan STY Bakal Diuji Di Turnamen Mini

"Kalau mereka bisa mengalahkan atlet-atlet luar negeri di Liga ini berarti mereka punya peluang meraih prestasi di ajang SEA Games, Asian Games dan Olimpiade. Dan, kami yakin mereka siap jika memang dibutuhkan untuk memperkuat negara. Kejayaan tenis meja Indonesia harus dikembalikan," tegasnya. 

Daftar peserta Liga Tenis Meja Terry Palmer Indonesia (LTMTPI) 2023/2024:  
Putra :
1. PTM Stoni
2. PTM Best  
3. PTM Morning Whistle 
4. PTM Regisa
5. PTM Prima Nusantara  
6. PTM Bakti
7. PTM Arwana 
8. PTM Sukun 
Putri :
1. PTM Morning Whistle 
2. PTM IPC  
3. PTM AIF  
4. PTM Bakti
5, PTM Bogor 
6. PTM Arwana 
7. PTM Sukun

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.